Trik Termudah Menghilangkan Lampu Mobil Berembun

Posted on

Trik Termudah Menghilangkan Lampu Mobil Berembun – Lihat Disni

Trik Termudah Menghilangkan Lampu Mobil Berembun – Dalam hak kondisi musim hujan memang kerap sekali membuat lampu mobil menjadi berembun, dan itu disebabkan embun yang masuk ke ruang lampu karena mobil baru melewati hujan deras ataupun melewati wilayah yang dingin seperti di daerah pegunungan.

Memang lampu yang berembun bila dibiarkan dapat hilang dengan sendiri, akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan cuaca yang panas, alangkah baiknya lampu yang berembun dapat dihilangkan dan caranya cukup mudah, karena embun menyebabkan berkurangnya sorot pada lampu dan dapat membahayakan pengemudinya.

Untuk hal ini penyebab terjadi pengembunan pada headlamp ialah perbedaan suhu antar di dalam headlamp “panas” sedangkan diluar “dingin” bisa juga karena lem yang menempel mika sudah aus sehingga air akan merembes masuk ke dalam headlamp.

Trik Termudah Menghilangkan Lampu Mobil Berembun

Adapun beberapa yang perlu diperhatikan dalam menghilangkan lampu mobil berembun yaitu:

Trik Ampun Yang Pertama Membersihkan Embun

  • Buka kap mesin untuk melihat bagian belakang pada rumah lampu.
  • Periksa lubang udara yang berada dibalik rumah lampu, apakah lubang tersumbat atau tidak, bila lubang tersumbat maka bersihkan supaya kotoran tidak lagi menyumbat.
  • Keluarkan embun melalui lampu sein, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memutar sokel lampu sein dengan searah jarum jam.
  • Setelah lampu sein terlepas hidupkan mobil sambil dipanaskan nyalakan pula headlamp agar embun menguap dan keluar melalui lampu sein.
  • Setelah bersih pasang lagi lampu sein seperti semula.

Trik Ampuh Yang Kedua Membersihkan Embun

  • Lepas headlamp dari dudukannya, soket-soket yang terhubung juga dilepaskan, perlu diingat sebaiknya foto dulu soket sebelum dilepas agar saat pemasangan tidak terbalik.
  • Lepaskan bohlam sehingga headlamp bisa dimasuki kayu seukuran jari kelingking.
  • Gunakan kain halus dan bersih, ikatan kain tersebut ke ujung kayu kemudian masukan kerumah lampu, kemudian lapkan pada embun yang menempel pada kaca headlamp, lakukan terus sampai embun menghilang.
  • Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan hair dryer saat pengelapan dengan kain dirasa sudah bersih, untuk hasil maksimal menggunakan hair dryer.
  • Setelah dirasa embun menghilang masukan lagi bohlam dan pasang lampu pada tempatnya serta soket-soketnya.

Dalam hal ini yang perlu ketika mengelap embun dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak reflektor, jika embun tidak dibersihkan menyebabkan reflektor akan menjadi menguning.

Demikianlah pembahasan mengenai Trik Termudah Menghilangkan Lampu Mobil Berembun semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: