Tips Sederhana Namun Jitu, Membeli Radiator Mobil Aftermarket

Tips Sederhana Namun Jitu, Membeli Radiator Mobil Aftermarket “Untuk Perlu Diketahui”

Tips Sederhana Namun Jitu, Membeli Radiator Mobil Aftermarket – Saat ini kondisi lalu-lintas di jalanan di perkotaan yang semakin ramai serta seringkali macet membuat banyak pengguna jalan semakin khawatir. Untuk pengendara mobil, kondisi jalan macet menjadi semakin mengkhawatirkan ketika sistem pendingan mesin bawaan tidak lagi mampun untuk dapat menahan suhu mesin yang semakin tinggi saat menghadapi jalanan yang macet.

Hal ini biasanya dikarekan saat macet sistem sirkulasi cairan pendingin mesin tidak memperoleh tambahan henbusan angin saat dalam kondisi macet. Kebanyakan pabrikan dan jenis mobil terbaru memang sudah melengkapi radiator mobil mereka dengan kipas tambahan untuk membantu mendinginkan mesin.

Meski begitu terkadang hal tersebut tidak cukup membantu dan resiko mesin mobil menjadi terlalu panas masih saja bisa terjadi. Apalagi jika sirkulasi air atau radiator coolant mulai terganggu karena korosi pada jalur sistem pendinginan mesin.

Yang apalagi radiator mobil yang memang sudah terasa kurang maksimal kinerjanya atau jika sudah mengalami kerusakan, langkah paling mudah tentu ialah memperbaikinya. Radiator yang rusak tentu tidak dapat menjaga suhu mesin dengan baik. Namun untuk kondisi tertentu, atau jika radiator menggunakan bahan plastik pada bagian watertank, maka mungkin mengganti radiator ialah cara yang paling bijak untuk dipilih.

Meski demikian radiator original atau OEM terkadang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Meski kinerjanya sudah pasti memuaskan namun jika memiliki dana yang tidak berlebih maka tidak ada salahnya untuk membeli produk radiator aftermarket. Harga radiator mobil aftermarket biasanya dijual lebih murah dari yang original atau OEM.

Namun demikian bukan berarti radiator tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Bahkan beberapa produk aftermarket memiliki kualitas top dan mampu mendinginkan mesin dengan sangat baik. Harga radiator mobil yang murah berarti kalian dapat memilih secara asal tanpa kriteria.

Tips Membeli Radiator Mobil Aftermarket

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kalian tidak salah pilih dan memperoleh radiator dengan kinerja yang memuaskan. Berikut ini beberapa hal yang mungkin dapat kalian perhatikan.

Tips Sederhana Namun Jitu, Membeli Radiator Mobil Aftermarket

Kisi-Kisi Air Radiator

Kisi-kisi atau radiator core merupakan bagian tempat radiator coolant atau air radiator mengalir dan kemudian akan didinginkan oleh hembusan udara yang melewati celah antar kisi-kisi tersebut. Maka dari itu perhatikan jarak antara kisi-kisi air yang ada. Jika jumlah kisi-kisinya sedikit dan jaraknya terlalu renggang ada baiknya untuk tidak memilih radiator tersebut. Cobalah untuk memilih radiator yang memiliki cukup banyak kisi-kisi dengan jarak antara kisi-kisi yang cukup rapat dan rata.

Water Tank Radiator

Saat memilih radiator mobil, maka pastikan water tank radiator tersebut menggunakan material yang baik serta konsteruksi yang kokoh. Material yang baik serta konstruksi yang kokoh akan membuat water tank menjadi lebih kuat saat menerima air atau coolant dalam kondisi panas serta tekanan yang tinggi. Jika konstruksinya buruk atau materialnya kurang bagus, bagian water tank ini dapat saja bocor atau bahkan pecah.

Jalur Oil Cooler Matik

Dalam konstruksi radiator, bagian ini memang terdapat pada bagian dalam sehingga agak sulit untuk dilihat secara langsung. Namun kalian dapat memperkirakan kualitas jalur oil cooler yang dimiliki radiator tersebut dengan melihat pipa oil cooler yang terdapat pada radiator. Jika konstruksinya kurang kokoh atau kurang baik, lebih baik hindari saja. Jika jalur oil cooler matik ini bocor, air radiator bisa saja masuk ke jalur oil matik sehingga transmisi otomatis mobil kalian akan mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Sederhana Namun Jitu, Membeli Radiator Mobil Aftermarket semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Tips Sederhana Namun Jitu, Membeli Radiator Mobil Aftermarket | Rojali | 4.5
Shares