Tips Sederhana Membedakan Cat Mobil Asli Dengan Pengecatan Ulang

Posted on

Tips Sederhana Membedakan Cat Mobil Asli Dengan Pengecatan Ulang “Wajib Untuk Diketahui”

Tips Sederhana Membedakan Cat Mobil Asli Dengan Pengecatan Ulang – Dalam hal ini biasanya orang melihat keindahan mobil itu dari sisi bentuknya terlebih dahulu, setelah itu barulah warnanya. Kemudian dilanjutkan dari interior serta fasilitas yang diberikan oleh mobil tersebut. Keindahan dari warna mobil juga ditentukan dari kualitas cat mobil itu sendiri. Sebab tidak selamanya kualitas cat mobil itu selalu baik, banyak juga yang tidak ori, perlu kalian ketahui bahwa ada cat mobil yang asli dicat dan juga pengecatan ulang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan cat asli mobil dengan pengecatan ulang dan cara untuk membedakannya ialah sebagai berikut:

Cat Asli Lebih Kuat Dibandingkan Dengan Cat Ulang

Setiap pabrik dalam melakukan pengecatan mobil memiliki standar kualitas minimum dalam proses pengecatannya. Untuk mendapatkan cat asli pada mobil, perusahaan melakukan proses pemanasan mencapai 150 derajat celcius pada masing-masing pelat besi. Sehingga akan membuat cat asli menempel dalam waktu yang lebih lama.

Dan sedangkan mobil yang dicat ulang, meskipun hasilnya bagus seperti cat asli pabrik tetapi bila tidak teratur dicat ulang, maka cat tersebut bisa pudar dalam waktu cepat. Apalagi ketika terkena terik matahari, ini disebabkan panas untuk proses memanggang di bengkel repair cuma 40-60 derajat celcius. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada interior mobil dan ban.

Umur Mobil

Baik atau tidaknya cat body mobil tergantung juga dari umur mobil itu sendiri. Pada mobil dengan umur diatas 15 tahun biasanya dempulnya tebal jadi membuat cat tidak mengkilat. Sedangkan mobil yang umurnya kurang dari 10 tahun sulit membedakan sebab kualitas dari lempengan masih halus. Dengan begitu tidak usah menambahkan dempul, karena hasil cat akan rapi seperti cat asli. Jika menggunakan teknologi oven di bengkel body repair maka catnya hampir sama dengan pabrik karena hasilnya 95%.

Lihatlah Cat Bagian Dalam Dan Juga Luar

Apabila eksterior mobil sudah pernah dicat ulang, biasanya akan terjadi perbedaan warna besi yang ada di dalam mobil. Dan perbedaan warna itulah yang merupakan cara untuk membedakan apakah mobil tersebut pernah di cat ulang atau tidak. Apalagi mobil yang kalian miliki sudah terlanjur melakukan pengecatan ulang, berikut ini ialah cara-cara untuk merawatnya yaitu:

Rajin Mencuci Mobil

Saat mobil digunakan untuk berkendara, pastinya akan terkena debu serta kotoran yang menempel. Apalagi saat mobil terkena air hujan ataupun menerjang banjir, pastinya akan membuat mobil akan tampak kotor. Karena itulah cucilah mobil kalian dengan rutin menggunakan shampoo khusus motor agar hasilnya maksimal.

Melindungi Mobil Dari Terik Matahari

Panas matahari pastinya akan membuat cat mobil lebih pudar, maka dari itu ketika akan memarkirkan mobil sebaiknya hindari sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama dan berkesinambungan dengan carilah parkiran yang tertutup atau parkiran indoor.

Melakukan Pemolesan Body Mobil

Sebaiknya lakukan pemolesan 2 bulan sekali supaya kualitas cat ulang bisa terjaga dengan baik. Apabila kalian tidak memiliki waktu untuk memoles body mobil ke salon mobil, kalian bisa melakukannya sendiri di rumah. Untuk melakukannya sendiri kalian bisa menggunakan cairan khusus untuk memoles body mobil. Kalian bisa membelinya di toko onderdil ataupun di pasaran, pilihlah cairan pemoles yang baik agar hasilnya maksimal. Cara memoles body mobil yang baik dan benar yakni dari bawah lalu ke atas body ke depan kemudian ke belakang, gunakanlah spon khusus untuk membalur cairan pemoles ke body mobil.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Sederhana Membedakan Cat Mobil Asli Dengan Pengecatan Ulang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: