[Tips Jitu] Cara Termudah Merawat Knalpot Mobil Yang Baik & Benar

Posted on

[Tips Jitu] Cara Termudah Merawat Knalpot Mobil Yang Baik & Benar “Untuk Diketahui”

[Tips Jitu] Cara Termudah Merawat Knalpot Mobil Yang Baik & Benar – Dalam hal ini bagi sebagian orang, mungkin masih banyak yang menganggap bila knalpot pada mobil mereka yang jarang digunakan tidak akan menyebabkan masalah. Hal ini merupakan anggapan yang kurang benar, justru pada kondisi seperti, knalpot mobil rawan mendapatkan masalah, karena knalpot bisa berkarat yang akhirnya menyebabkan keropos.

Nah bagi kalian yang mengalami kondisi seperti tersebut di atas atau memang ingin memberikan perawatan untuk knalpot mobilnya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya bila kalian mengetahui beberapa tips merawat knalpot mobil yang baik & benar berikut ini:

Cara Merawat Knalpot Mobil Yang Baik & Benar

Adapun untuk cara merawat knalpot mobil yang baik & benar diantaranya yaitu:

Gunakan Sikat Kawat, Amplas Halus Dan Lap

Ketiga alat tersebut bisa digunakan untuk membersihkan knalpot bagian luar yang berkarat. Kalian bisa membersihkannya dengan cara menge-lap, menyikat secara rutin supaya tidak terjadi karatan. Dan jika sudah timbul karat, kalian juga bisa meng-amplasnya secara rutin untuk menghilangkan karat.

Menggunakan Cairan Anti Karat

Bila mobil kalian terkena air hujan, sebaiknya segera cuci mobil kalian dengan menggunakan air bersih dan shampo khusus mobil “banyak dijual di pasaran”. Kemudian keringkan seluruh mobil kalian hingga benar-benar kering, setelah itu semprotkan cairan anti karat “juga banyak dijual di pasaran” pada bagian-bagian mobil yang memerlukan.

Masukkan Beberapa Tetes Oli Ke Dalam Lubang Knalpot

Cara ini penting dilakukan untuk memghindari terjadinya karat di bagian dalam knalpot. Jika kalian sudah melakukan hal ini dan kemudian hendak menyalakan mesin mobil, kalian tidak perlu kuatir bila dari knalpot kalian akan mengeluarkan asap putih, karena hal ini merupakan hasil pemuaian dari oli yang sudah kalian masukkan ke dalam lubang knalpot tadi untuk merontokkan karat di bagian dalam lubang knalpot.

Panaskan Mesin Mobil

Meskipun kalian jarang menggunakan mobil kalian, tapi jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil kalian secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya karatan pada beberapa bagian mobi, termasuk knalpot.

Langkah yang bisa kalian lakukan setelah memanaskan mesin mobil dan hendak mematikannya kembali, yang perly dicatat ialah pada saat kalian hendak mematikan mesin mobil, injak pedal gas sampai mencapai rpm tertinggi sebanyak dua kali, setelah itu matikan mesin mobil kalian. Hal ini berguna untuk menghilangkan kandungan air yang masih tersisa di bagian dalam knalpot.

Nah itulah beberapa tips termudah yang baik dan benar yang dapat kalian lakukan untuk merawat knalpot mobil kalian. 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Termudah Merawat Knalpot Mobil Yang Baik & Benar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: