[Tips Jitu] Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat Saat Musim Hujan

[Tips Jitu] Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat Saat Musim Hujan “Wajib Baca”

[Tips Jitu] Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat Saat Musim Hujan – Dalam hal ini bagian kolong mobil merupakan bagian yang biasanya diabaikan begitu saja oleh para pemilik kendaraan. Padahal bagian kolong mobil sebenarnya ialah bagian yang menjadi tempat-tempat dimana bagian penting dari mesin mobil yang apabila sampai terjadi masalah akan sangat membuat runyam, yang burujung pada berkurangnya umur pemakaian mobil.

Masalah mengenai kolong mobil ini yang paling sering ditemuai ialah terjadinya korosi atau perkaratan yang disebabkan oleh terjadinya reaksi antara logam dengan hidrogen dan oksigen “H20 = air”. Perkaratan atau korosi ini juga akan lebih cepat terjadi apabila air juga mengandung garam. Air yang mengandung garam tidak hanya air laut saja, melainkan jug air hujan.

Maka dari itu ketika musim hujan, perkaratan akan sangat mudah terjadi, boleh jadi tidak hanya air hujan saja yang akan membuat bagian kolong mobil berkarat. Sangat mungkin jika kotoran seperti tanah dan lumpur juga akan dapat menyebabkan perkaratan dan menjadikan perkaratan jadi lebih cepat terjadi.

Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat Saat Musim Hujan

Untuk hal ini ada beberapa cara sederhana cegah kolong mobil berkarat di musim hujan dapat dilakukan supaya kerusakan pada mobil yang terjadi akibat berkaratnya kolong mobil bisa diatasi dan dicegah.

Apabila sudah terjadi perkaratan yang harus kalian lakukan ialah dengan mengecek seberapa jauh perkaratan terjadi. Jika ciri-cirinya hanya kolong mobil jadi sedikit kasar dan berwarna kekuningan, maka kalian hanya perlu mengamplas bagian berkarat tersebut lalu memberikan cat atau cairan anti karat lainnya. Namun jika sudah cukup parah maka kalian harus segera membawanya ke body repair agar diperbaiki dengan memotong bagian berkarat dan menggantinya dengan logam yang baru.

Pencegahan Kolong Mobil Agar Tidak Berkarat Saat Musim Hujan

Jika perkaratan belum terjadi, ada langkah-langkah yang perlu kalian lakukan, berikut ini bisa kalian lakukan sebagai upaya pencegahan diantaranya yaitu:

Dengan Rutin Membersihkan Kolong Mobil

Caranya sebenarnya sangat mudah, cara sederhana cegah kolong mobil berkarat di musim hujan ialah dengan cukup rajin dibersihkan setiap seminggu sekali, namun jika pada musim hujan sebaiknya frekuensi pencuciannya ditambah menjadi lebih singkat. Jika sampai melewati banjir, maka dianjurkan kurang dari 24 jam agar segera dicuci dengan bersih.

Mencuci Mobil Menggunakan Hidrolik

Metoder yang paling mudah cara sederhana cegah kolong mobil berkarat di musim hujan ialah dengan pencucian menggunakan hidrolik. Cara ini ialah cara paling efektif karena kalian bisa tahu sejauh mana perkaratan terjadi. Namun kelemahan cara ini ialah membutuhkan biaya yang lumayan mahal dan tidak bisa dilakukan di rumah.

Tentu saha penyebabnya karena hidrolik tidak bisa semudah dan semurah itu didapatkan. Lalu bagaimana dengan cara lain yang lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah..?? Langkah-langkah sederhana merawat kolong mobil ialah sebagai berikut.

Dengan Mencuci Steam

Cucilah bagian steam dari kotoran seperti tanah, lumpur dan air hujan hingga benar-benar bersih. Setelah di cuci semprotkan lapisan undercoat agar bagian kolong mobil tidak mudah terkena korosi atau perkaratan ketika terkena air, terutama air hujan dan banjir.

Bagian lain yang sebaiknya disemprot ialah spakbor, panel bawah mobil, lantai bawah mobil, panel bagian pintu dan bagian lain yang mudah terkena air dan berkarat. Namun sebelum disemprot bagian ban harus kalian tutupi supaya cairan ini tidak mengenai ban. Lalu tunggulah sampai semua bagian kering agar perlindungan yang dihasilkan menjadi maksimal.

Lakukan cara sederhana cegah kolong mobil berkarat di musim hujan ini sesering mungkin agar kualitas fungsi mobil bisa tetap terjaga dengan baik, karena seperti sudah diterangkan sebelumnya, pada kolong mobil terdapat banyak sekali komponen mesin yang vital bagi kelangsungan mobil dalam berjalan.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat Saat Musim Hujan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat Saat Musim Hujan | Rojali | 4.5
Shares