Tips Jitu, Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel

Tips Jitu, Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel “Wajib Baca”

Tips Jitu, Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel – Dalam hal ini sebenarnya jika dibandingkan dengan mobil manual, mobil bertransmisi matic memiliki tingkat kenyamanan yang lebih. Akan tetapi, mobil matic lebih merepotkan dan membutuhkan perawatan yang extra dibandingkan dnegan mobil bertransmisi manual. Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi kalian yang menggunakan mobil yang bertransmisi matic untuk dapat mengetahui bagaimana cara merawat mobil matic agar tidak gampang rewel.

Mobil dengan transmisi matic juga mempunyai kelemahan, yang diantaranya yakni boros di bahan bakar dan ketika melewati jalan tanjakan yang kurang bertenaga. Untuk itu bagi kalian yang memiliki mobil bertransmisi matic harus rutin dalam melakukan perawatan jika sudah ada tanda tarikan mobil mulai menghentak dan mulai berat. Itu tandanya kalian harus segeral untuk melakukan perawatan.

Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel

Nah berikut ini ialah beberapa cara merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang bisa kalian lakukan untuk perawatan dan keawetan mobil matic kalian tersebut:

Rutin Cek Oli

Perawatan mobil bertranmisi matic yang paling penting ialah penggantian oli, kalian harus benar-benar memperhatikan dan rutin dengan mengecek oli, jika oli mobil sudah saatnya ganti sebaiknya segera diganti. Karena jika megabaikan penggantian oli akan mengakibatkan kerusakan-kerusakan atau masalah di bagian sistem transmisi pada mobil kalian.

Karena itulah kalian harus tahu bagaimana cara merawat mobil matic agar tidak gampang rewel dan tidak mengalami kerusakan. Untuk tips lainnya ialah kalian harus mengganti oli mobil kalian sesuai atau yang khusus dengan meobil matic kalian. Untuk rekomendasi di setiap penggantian oli sebaiknya dilakukan ketika jarak tempuh mobil kalian sudah mencapai 80.000 km sampai dengan 100.000 km.

Memanasi Mesin Mobil

Dalam perawatan yang kedua dengan memanasi mesin mobil ketika akan berpergian juga menjadi salah satu tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang penting sekali. karena jika menyepelekannya lama-kelamaan maka akan berakibat buruk pada mobil matic kalian tersebut. Namun perhatikan posisi mobil matic kalian ketika sedang dipanasi, pastikan tuas transmisi berada di posisi N.

Dengan Perhatikan Penggunaan Perseneling

Yang selanjutnya kalian harus lebih teliti saat menggunakan perseneling. Jangan sampai menggunakan perseneling “P” ketika mobil belum benar-benar berhenti. Karena ketika kalian mengabaikan dan membiarkan itu terjadi secara terus menerus akan dapat mengakibatkan kerusakan pada perseneling mobil matic kalian.

Tidak kalah pentingnya ialah kalian juga harus menghindari menggunakan atau memasukan perseneling ketika sedang memarkirkan mobil matic kalian. Karena jika dilakukan terus-terusan akan cepat membuat kopling mobil matic kalian mengalami kerusakan. Itulah cara merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang ketiga.

Dengan Uji Jalan

Cara merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang terakhir ialah degan melakukan uji jalan dalam beberapa bulan sekali. Caranya sangat mudah sekali kalian hanya menjalankan mobil matic kalian seperti biasanya. Kemudian coba pindahkan atau masukan perseneling mobil matic kalian.

Perhatikan langkah tersebut dan cermatilah dengan teliti, jika kalian menemukan suara bising dan mobil matic sedikit agak goncang ketika melakukan perpindahan perseneling itu bisa menjadi tanda atau ciri ada kerusakan pada bagian transmisi mobil.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Jitu, Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Tips Jitu, Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel | Rojali | 4.5
Shares