[Tips Ampuh] Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri

[Tips Ampuh] Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri – Wajib Diketahui

[Tips Ampuh] Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri – Dalam hal ini pada kendaraan sendiri pastinya memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat pada jaman sekarang ini. Karena rata-rata hampir semua orang berharap memiliki mobil untuk mempermudah dalam kegiatan sehari-hari mereka. Selain dengan menggunakannya, namun mobil juga harus di rawat agar lebih awet serta menjaga kebagusan kinerjanya. Yang salah satu perawatan yang mudah maupun simpel namun akan tetap akan mendatangkan dampak yang besar terhadap keawetan mobil dan kinerja mobil adalah membersihkan mesin mobil. Sebagai pusat kinerja mobil, mesin tentu dalam hal ini sangat memerlukan perhatian khusus. Bagian mobil yang satu ini harus steril dari benda-benda yang asing agar kinerjanya tetap bagus.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri

Cara membersihkan mesin mobil sangat mudah maupun terbilang sangat sepele. Anda hanya dengan memerlukan cairan khusus yang dapat berfungsi sebagai penghilang kotoran pada mesin mobil. Cara membersihkan mobil sendiri ada dua macam, yaitu engine clear dan engine dressing. Enging clear adalah cara membersihkan mesin mobil yang dimana berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada mesin. Sedangkan enging dressing ialah cara membersihkan mesin mobil yang dimana berfungsi untuk dapat mengembalikan warna dasar atau asli komponen mesin.

Pada saat membersihkan mesin mobil untuk menghilangkan kotoran yang melekat hanya perlu menyemprotkan cairan engine clear pada setiap sisi mesin cairan ini Akan merontokkan setiap kotoran yang melekat, baik debu, oli, gemuk dan lain sebagainya. Lakukan penyemprotan cairan engine clear ini pada saat mesin dalam keadaan panas. Jika semua bagian telah di semprot cairan engine clear maka di lanjutkan dengan menyiramnya menggunakan air bertekanan sedang.

Untuk bagian mesin yang rumit anda dapat menggunakan bantuan kuas kecil agar mesin benar-benar bersih. Setelah semua bagian mesin bersih, maka di lanjutkan dengan menyemprotkan engine dressing. Dalam hal ini bagaimana cara membersihkan mesin mobil terbilang sangat mudah bukan? Meskipun mudah namun anda juga tetap harus hati-hati. Seperti menghindari masuknya air saat menguyang mesin agar tidak masuk ke komponen lain yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Sebab jika iya maka pada komponen akan mengalami kerusakan dan tidak akan berfungsi.

Bila untuk cara di atas merupakan cara membersihkan mesin mobil, lalu bagaimana dengan cara membersihkan bodi mobil? Cara membersihkan bodi mobil juga tidak kalah mudahnya dengan cara membersihkan mesin mobil. Yakni dengan cara mencucinya denganmenggunakan sabun khusus bodi mobil lalu di lanjutkan dengan menyemprotkan cairan yang akan membuat bodi mobil menjadi mengkilap. Akan tetapi ada beberapa cara membersihkan bodi mobil apakah semudah cara membersihkan bodi mobil bagian dalam?

Bodi bagian dalam memang terbuat dari bahan yang dimana kebanyakan dapat menyerap air sehingga anda perlu menggunakan beberapa bahan khusus. Salah satu kotoran yang sering terdapat di bodi mobil bagian dalam yang dimana sedikit sulit untuk di bersihkan ialah oli. Bila pada jok, karpet maupun komponen dalam mobil lainnya terdapat oli, maka anda dapat menggunakan tepung maizena atau bubuk soda untuk menghilangkannya. Dalam hal ini memang terdengarnya sedikit aneh, namun ke dua bahan tersebut terbukti dapat menghilangkan noda oli yang membandel pada bodi dalam mobil anda. Berikut langkah membersihkan bodi dalam mobil dari oli dengan menggunakan bahan dari tepung maizena dan soda kue :

  • Untuk selanjutnya taburkan tepung maizena dan soda kue pada bagian bodi mobil yang terkena oli. Kemudian taburan bahan tepung maizena maupun soda kue tersebut harus menjadi lapisan yang sedikit terbilang tebal supaya seluruh oli terserap keluar.
  • Tunggu hingga 15 menit agar ke dua bahan tersebut bekerja dengan lebih maksimal.
  • Setelah 15 menit kemudian bersihkan lapisan tepung maizena maupun soda kue dengan menggunakan vacum cleaner. Lalu di lanjutkan dengan cara di bersihkan dengan menggosokkan sikat gigi maupun sabun cuci piring cair.
  • Apabila bodi dalam mobil anda sudah bersih maka untuk selanjutnya keringkan dengan kain bersih dan diamkan agar kering dengan sendirinya.

Selain perlu denga di bersihkan secara rajin, mobil juga sangat memerlukan sekali perawatan mesin mobil yang dapat anda lakukan sendiri. Perawatan tersebut meskipun mudah dan sepele akan tetapi akan membuat mobil anda akan tetap terjaga daya kerjanya serta keawetanya. Berikut beberapa perawatan mesin mobil yang bisa anda lakukan sendiri :

  • Pemanasan mobil, sebelum di gunakan pastikan anda selalu memanaskan mesin mobil terlebih dahulu yakni 10-15 menit.
  • Bahan bakar bagus, mobil bagus dan mahal akan sangat sayang jika di pakaikan bahan bakar yang kurang bagus. Pilihlah bahan bakar yang bagus supaya mesin mobil lebih awet serta lebih enak saat di gunakan.
  • Lakukan uji jalan, selain sebagai perawatan mobil, uji jalan juga berfungsi untuk mengetahui apakah ada masalah pada mesin mobil atau tidak.
  • Sering melakukan service ke bengkel juga hal ini merupakan perawatan mobil yang harus anda lakukan. Usahakan anda menservice mobil anda maksimal 6 tahun sekali. Sebab apabila ada masalah dengan mobil anda maka hal ini akan segera cepat teratasi dan tidak akan menyebabkan masalah atau kerusakan yang lebih parah lagi.

Perawatan mobil dan pembersihan mobil dengan secara rutin hal ini akan membuat mobil anda tetap terjaga dengan baik. Untuk itu selalu lakukanlah sesering mungkin sebelum terjadi kerusakan pada mobil anda, karena menjaga lebih baik dari pada memperbaiki bukan? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Ampuh] Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri | Rojali | 4.5
Shares