Ternyata Ini, Penyebab & Cara Memperbaiki Klakson Mobil Mati

Ternyata Ini, Penyebab & Cara Memperbaiki Klakson Mobil Mati – Lihat Disini

Ternyata Ini, Penyebab & Cara Memperbaiki Klakson Mobil Mati – Dalam hal ini klakson pada mobil merupakan salat satu perangkat yang penting namun ketika klakson mobil anda menjadi mati pastinya membuat anda terganggu karena sering sekali menggunakan klakson ketika akan mendahului kendaraan lain yang berada didepan anda , walaupun jika mobil anda klaksonnya mati tidak akan menyebabkan kecelakaan yang fatal ataupun membahayakan diri anda namun hal tersebut sangatlah penting.

Ada banyak jenis klakson mobil yang sering ditemui pada umumnya klakson mobil berbunyi tin suaranya hampir sama pada klakson motor, banyak pemilik mobil mengganti klaksonnya dengan klakson keong yang dalam hal ini memiliki suara yang cukup keras, namun ada juga yang mengganti klaksonnya dengan memiliki bunyi cukup unik seperti klakson bus atau klakson mobil polisi yang mempunyai karakter tersendiri, memang guna klakson polisi memiliki bunyi yang berbeda tujuannnya untuk memberitahu kepada pengendara lainnya jika ada mobil aparat.

Tetapi alangkah baiknya menggunkan klakson yang mempunyai bunyi biasa saja, suaranya tidak keras dan pastinya tidak membuat orang yang mendengarnya emosi, karena ada beberapa klakson yang memiliki bunyi cukup bising serta membuat orang yang mendengarnya emosi, berikut ini beberapa penyebab klakson mati yang mungkin membuat anda bingung memperbaikinya.

Penyebab Klakson Mobil Mati

Adapun beberapa penyebab klakson mobil mati yang diantaranya yaitu:

Kabel Klakson

Hal yang paling mendasar terjadi pada sebuah perangkat kelistrikan pada mobil adalah kabel penghubung yang rusak atau putus, putusnya kabel menjadi masalah yang penting karena arus listrik tidak dapat mengalir ketujuannya, terputusnya kabel bisa karena konsleting atau jamur yang menyebabkan korosi serta putus, cara memperbaiki dengan cara mengetes terminal-terminal pada klakson menggunkan tester, mengetesnya dengan cara menghubungkan dengan massa mobil, kemudian pencet saklar klakson apakah ada arus listrik atau tidak, jika ada berarti kabel tidak mengalami masalah.

Saklar Klakson

Biasanya terjadi karena saklar klakson mengalami kerusakan, akibat rangkaian listrik yang berada di dalam saklar rusak, bisa juga lempengan tembaga yang kotor karena kerak atau kotoran yang lainnya, untuk memperbaikinya memang cukup rumit karena harus membongkar saklar klakson dan memeriksa kelistrikan saklar apakah mengalami kerusakan atau putus, jika ada yang terputus solder kembali.

Sekring Rusak

Penyebabnya Karena arus listrik terlalu besar atau usia pemakaian sekring sudah terlalu lama, cara memperbaikinya cukup mudah, tinggal mengganti sekring lama dengan yang baru, saat menggantinya usahakan dengan ukuran sekring yang sama atau sesuaikan dengan anjuran pabrik.

Relay Klakson

Untuk rangkaian klakson mobil yang menggunakan relay biasanya terjadi kerusakan pada relaynya, relay Akan rusak jika terlalu lama terkena kotoran dan air, cara memperbaiki cukup mengganti relay dengan jenis rule gunakan.

Klakson Rusak

Cara mengetahui terjadi kerusakan pada klakson mobil yang tidak berbunyi harus memastikan apakah klakson dapat bekerja dengan baik atau tidak, yang harus dilakukan menghubungkan terminal klakson positif dan negative pada terminal positif dan negative aki, jika klakson masih hidup dapat dipastikan klakson masih bagus, jika bunyi klakson kurang keras coba lakukan penyetelan baut kecil yang terdapat pada kelakson dan putar ke kanan atau kekiri sampai memperoleh bunyi yang dihasilkan maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini, Penyebab & Cara Memperbaiki Klakson Mobil Mati semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Ternyata Ini, Penyebab & Cara Memperbaiki Klakson Mobil Mati | Rojali | 4.5
Shares