“Sumber Energi Biomassa” Pengertian, Contoh & Ramah Lingkungan

“Sumber Energi Biomassa” Pengertian, Contoh & Ramah Lingkungan “Wajib Baca”

“Sumber Energi Biomassa” Pengertian, Contoh & Ramah Lingkungan – Untuk kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai sumber energi biomassa yang dimana dalam hal ini meliputi, pengertian serta contohnya, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Energi Biomassa

Energi biomassa ialah energy yang dibuat dari sumber alami yang dapat diperbarui, energi biomassa merupakan solusi untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. Biomassa ini diolah oleh mikroorganisme dan makroorganisme. Untuk hal ini selain dari unsur hewani biomassa juga berasal dari tumbuh-tumbuhan. Biomassa mengandung unsur carbon seperti halnya unsur kehidupan dimuka bumi ini dari berbagai jenis hewan, tumbuhan sampai manusia itu sendiri.

Contoh Penggunaan Eneergi Biomassa Sampai Saat Ini

Selama masih ada unsur carbon dimuka bumi maka energi biomassa yang diperoleh dari jenis-jenis tanaman dan hewan dapat kita buat. Hal ini menunjukan bahwa energi biomassa merupakan energi yang tergolong dapat diperbarui. Berbeda dengan energi yang tidak dapat diperbarui yang berasal dari fosil. Karena suatu saat nanti energi fosil pasti akan habis. Bahan-bahan seperti ranting, daun, batang pohon bias dibuat menjadi energi biomassa. Biomassa bisa menjadi energi listrik dan panas untuk keperluan masyarakat.

Selain itu negara kita mengalami perkembangan biogas yang pesat. Hebatnya lagi biogas yang termasuk kategori energi biomassa juga dapat dihasilkan dari kotoran hewan ataupun manusia. Bahan tersebut diolah dengan bantuan mikroorganisme dan dapat menghasilkan zat metana dan karbondioksida yang menjadi unsur gas yang dapat dipakai sebagai kompor atau pembangkit tenaga listrik dalam skala yang besar. Ada beberapa energi yang dapat dihasilkan dari kotoran atau tumbuh-tumbuhan, beberapa contoh energi biomassa yang dihasilkan diantaranya yaitu:

Biogas

Biogas ialah gas yang dihasilkan dari aktivitas fermentasi atau disebut anaerobik dari bahan organik. Bahan-bahan dasar ini terdiri dari kotoran hewan dan manusia menjadi gas.

Biodiesel

Biodisel ialah bahan bakar berbentuk cair untuk mesin diesel, bahan-bahan biodiesel terdiri diantaranya dari tanaman jarak, kedelai dan minyak sawit.

Biokerosen

Biokerosen ialah minyak nabati murni atau sejenis dengan minyak tanah sebagai bahan bakar mesin disel dan pembangkit tenaga listrik.

Bioetanol

Bioetanol merupakan bahan bakar sejenis bensin yang berasal dari tanaman tebu, jagung, singkong atau kentang.

Biomikrober

Biomikrobet terbuat dari sekam, serbuk gergaji kayu yang diolah menjadi padat.

Energi Biomassa merupakan energi yang dapat diperbarui sebagai pengganti bahan bakar minyak bumi yang berasal dari fosil, pentingnya menggunakan energy biomassa untuk lingkungan dan kelestarian alam. Dengan bahan yang berlimpah dan mudah didapat kita perlu untuk mengembangkan dan memperluaas jaringan pemakian energi biomassa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Sumber Energi Biomassa” Pengertian, Contoh & Ramah Lingkungan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

“Sumber Energi Biomassa” Pengertian, Contoh & Ramah Lingkungan | Rojali | 4.5
Shares