Inilah Cara Perawatan Shock Absorber Mobil “Untuk Di Ketahui”

Posted on

Inilah Cara Perawatan Shock Absorber Mobil “Untuk Diketahui”

Inilah Cara Perawatan Shock Absorber Mobil “Untuk Di Ketahui” – Shock Absorber atau peredam kejut merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan sangat berpengaruh sekali terhadap kenyamanan dan keamanan pada mobil anda.

Shock Absorber memiliki fungsi untuk meredam gerakan mengayun yang terjadi saat mobil berjalan atau melintas berbagai macam kondisi permukaan jalan. Tanpa dengan adanya Shock Absorber maka pada mobil anda akan berjalan mengayun-ayun dan terpantul-pantul persis sehingga dalam hal ini akan terasa sangat tidak nyaman.

Usia Pergantian Pada Shock Absorber

Untuk rata-rata umur Shock Absorber ialah 20.000 hingga 40.000 km, tapi untuk patokan ini tidaklah pasti karena tergantung dari bagaimana kondisi jalan dan gaya berkendara penggunannya atau pemilikinya, serta beban yang dipikul oleh kendaraan. Apabila cenderung sering berjalan di jalan yang mulus maka untuk hal ini pasti Shock Absorber akan lebih awet, lain lagi bila setiap hari pada kendaraan melintas di jalan yang rusak, hal demikian ini pastinya akan sebaliknya.

Perawatan Shock Absorber

Supaya tetap nyaman dan aman, maka pada shock absorber yang sudah tidak berfungsi haruslah segera diganti. Untuk penggantian tidak selalu didasarkan pada faktor masa pakai kendaraan saja. Tapi ada beberapa ciri yang bisa sebagai acuan untuk mengganti shock absorber antara lain yaitu:

  • Permukaan ban aus tidak merata.
  • Ada rembesan cairan oli pada shock absorber.
  • Ketika ayunan mobil berlebihan saat melewati lubang jalan atau polisi tidur.
  • Dan timbul bunyi gluduk-gluduk pada shock breaker itu sendiri.

Nah untuk hasil yang maksimal dalam berkendara agar tetap nyaman dan aman maka dari itu pilihlah shock absorber yang sesuai dengan tipe atau jenis mobil anda dan kemudian dengan lakukan penggantian di bengkel-bengkel yang menurut anda terpercaya untuk kendaraan pada mobil anda.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Perawatan Shock Absorber Mobil “Untuk Di Ketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂