Inilah Penyebab Kipas Radiator Avanza Mati “Untuk Diketahui”

Inilah Penyebab Kipas Radiator Avanza Mati “Untuk Diketahui”

Inilah Penyebab Kipas Radiator Avanza Mati “Untuk Diketahui” – Beberapa waktu yang lalu mendapatkan suatu masalah yang di mana pada mobil toyota avanza, yang mana di indikator pada temperatur yang ada pada control panel menjadi naik dan hampir mengalami over heating. Yang begitu setelah di cek ternyata pada kipas radiatornya tidak menyala.

Lalu dalam hal ini mencari apa yang menjadi penyebab dari kipas radiator tersebut tidak menyala atau matu. Seperti yang telah diketahui bahwa kipas ini juga membantu pendinginan mesin dan untuk mendinginkan radiator. Untuk radiator itu sendiri bertugas untuk meradiasikan panas cairan pendingin dan cairan pendingin sendiri menyerap panas dari mesin. Yang sehingga bila kipas ini mati atau tidak bekerja, hal ini tentu pendinginan mesin pun akan menjadi kurang maksimal yang akibatnya dapat membuat over heating.

Penyebab Kipas Radiator Avanza Mati

Ada beberapa penyebab kipas radiator avanza ini mati atau tidak bekerja, berikut ini ulasannya.

Pada Sekring Putus

Hal yang paling sederhana ialah pada sekering (fuse), bisa jadi kipas avanza tidak bekerja karena sekeringnya putus. Untuk itu periksalah pada sekringnya terlebih dahulu.

Pada Sirkuit Putus

Pada kipas yang tidak bekerja bisa juga disebabkan ileh sirkuit yang putus. Sirkuit yang putus ini biasanya terletak pada sambungan yang kurang kuat yang sehingga terlepas atau kabel yang putus.

Motor Kipas Mati

Pada motor kipas juga bisa menyebabkan kipas radiator avanza tersebut tidak bekerja. Dalam hal ini pernah terjadi yang mana motor kipas bermasalah, setelah dibongkar ternyata brushnya sudah habis, bila motor tidak bisa diperbaiki lebih baik diganti saja.

Pada Sensor Temperatur

Pada kipas elektrik kipas akan menyala ketika mesin sudah melebihi temperatur kerja. Ketika belum mencapai temperatur kerja kipas belum berputar, sehingga lebih cepat mencapai temperatur kerja. Ketika melebihi temperatur kerja maka kipas akan berputar untuk mendinginkan dan menjaga agar suhu mesin tetap dalam temperatur kerja. Nah apabila sensor ini rusak, maka sensor ini tidak dapat mengirimkan sinyal, hal ini otomatis kipas avanza tidak berputar.

Socket Kendor

Pada socket yang kendor membuat kipas kadang hidup kadang mati, hal ini tentunya berakibat buruk walaupun tidak seburuk apabila kipas mati total.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab Kipas Radiator Avanza Mati “Untuk Diketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Inilah Penyebab Kipas Radiator Avanza Mati “Untuk Diketahui” | Rojali | 4.5
Shares