Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya

Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya “Untuk Diketahui”

Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya – Dalam hal ini salah satu permasalahan yang sering sekali terjadi pada sebuah sistem pelumasan mobil ialah oli mobil yang tidak naik ke dalam mesin.

Permasalahan ini tentu saja akan berdampak atau berakibat terhadap mesin mobil yang tidak bisa lagi bekerja, tentu dapat dibayangkan bila logam bergesekan dengan logam secara terus-menerus dan tanpa adanya pelumasan, tentu saja dapat timbul panas yang berlebihan serta logam tersebut nantinya bisa menjadi cacat bahkan menjadi rusak.

Oli mobil yang tidak naik tentu saja akan berakibat terhadap mesin mobil yang bisa mengalami kerusakan seperti macet serta tidak dapat distarter, pada saat mesin mobil macet maka dampaknya akan berpengaruh juga pada komponen lain seperti ring piston yang bisa juga ikut macet.

Serta dinding silinder yang akan tergores dan terasa kasar, stang seher bisa menjadi membengkok dan habisnya oli mesin serta dapat rusaknya pompa oli. Cara untuk mengtasi permsalahan ini bagi anda sebagai pengedara dan sekaligus pemilik mobil.

Perlu bagi pengendara untuk mengetahui dari penyebab oli mesin yang tidak naik sebagai langkah untuk mengantisipasi supaya permasalahan ini tidak terjadi terhadap kendaraan anda tersebut. Nah untuk lebih jelasnya simak pemaparan selangkapnya dibawah ini.

Penyebab Oli Mesin Tidak Naik

Adapun penyebab Oli Mesin tidak naik yang diantaranya yaitu:

Oli Mesin Kering

Oli mesin mengering bila terjadi kebocoran, oli mesin yang jarang atau tidak pernah diganti secara teratur serta jarak penggantiannya yang terlalu lama juga bisa membuat pelumasan pada mesin mobil ini mengering karena memang oli merupakan benda cair yang dapat menguap yang diakibatkan panas mesin.

Pompa Oli Mesin Rusak

Rusak pada pompa oli mesin memang sangat jarang terjadi. Tetapi oli mobil yang tidak naik juga bisa terjadi bila pompa olinya bermasalah karena fungsi dari pompa oli yang begitu penting yaitu untuk mensirkulasikan oli mesin ke seluruh bagian mesin dengan melewati saluran-saluran oli.

Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya

Saluran Oli Mesin Tersumbar

Biasanya masalah ini ada kotoran atau kerak sisa pembakaran ikut tercampur dan menyumbat sirkulasi oli ke mesin atau bisa juga karena kualitas oli yang kurang bagus.

Filter Oli Kotor Dan Tersumbat

Filter oli bisa mengalami permasalahan bila tidak diganti secara rutin dan berkala atau bisa juga disebabkan karena mobil sudah lama tidak dikendarai atau tidak dinyalakan.

Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya

Cara Mencegah Oli Mesin Yang Tidak Naik

Begitu setelah anda mengetahui penyebab dan permasalahan, maka dalam hal ini kami tidak ketinggalan untuk memberikan tips untuk mencegah oli mesin mobil yang tidak naik di antaranya yaitu:

  • Pergunakan oli mobil yang kualitasnya bagus dan usahakan oli anjuran dealer pada kendaraan anda.
  • Lakukanlah penggantian filter oli mesin secara rutin atau bisa juga setiap dua kali ganti oli mesin satu kali mengganti filter oli.
  • Lakukanlah penggantian oli mesin secara rutin sesuai dengan jadwal servis pada kendaraan kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

Oli Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Naik ??? Inilah Penyebab & Cara Mencegahnya | Rojali | 4.5
Shares