“Lengkap” Fungsi & Konstruksi Receiver ( Dryer ) Pada AC Mobil

Posted on

“Lengkap” Fungsi & Konstruksi Receiver ( Dryer ) Pada AC Mobil – Yang Wajib Diketahui

“Lengkap” Fungsi & Konstruksi Receiver ( Dryer ) Pada AC Mobil – Untuk kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai fungsi & kontruksi receiver atau dryer pada ac mobil. Pada sirkulasi refrigerant pada ac mobil, refrigerant setelah dikompresi oleh kompresor, akan menuju ke kondensor untuk didinginkan, yang sehingga refrigerant akan mengalami perubahan wujud yakni dari gas menjadi cair yang disebut dengan kondensasi.

Dalam hal ini refrigerant yang telah mengalami keondensasi ini kemudian akan menuju ke receiver atau dryer untuk ditampung sementara, disaring dan dipisahkan dari air.

Fungsi Receiver ( Dryer ) Pada Sistem Ac Mobil

Untuk hal ini yang perlu diketahui ialah bahwa receiver (dryer) pada ac mobil memiliki dua buah fungsi terhadap refrigerant yang telah melalui dan mencair “kondensasi” dari kondensor, lalu apa sajakah fungsinya..?? nah berikut ini kami sebutkan dan jelaskan dibawah ini.

Fungsi Receiver (Dryer) Yang Pertama

Fungsi yang pertama ialah untuk menyaring refrigeran dari kotoran yang bisa menghambat sirkulasi ac mobil. Komponen pada receiver atau dryer yang bertugas untuk menyaring kotoran ialah filter.

Fungsi Receiver (Dryer) Yang Kedua

Selain terdapat filter, receiver/dryer juga terdapat desiccant. Desicant inilah yang berguna untuk memisahkan uap air dari refrigerant. Uap air harus dihilangkan dari refrigerant karena nantinya dapat membeku dan menghambat sirkulasi refrigerant, yang sehingga ac mobil tidak dingin.

Dalam hal ini kesimpulannya terdapat dua fungsi dari receiver/dryer yakni menyaring dari kotoran dan memisahkan uap air dari refrigerant.

Kontruksi Dari Receiver/Dryer

Kontruksi dari receiver/dryer dapat kalian lihat pada gambar yang tertera dibawah ini, terlihat terdapat setidaknya 5 komponen utama receiver/dryer. Komponen no 3 ialah sight glass atau dalam bahasa Indonesianya disebut juga dengan kaca pengintai, fungsinya untuk memeriksa jumlah refrigerant dengan menganalisa yang tampak dari sight glass ini.

"Lengkap" Fungsi & Konstruksi Receiver ( Dryer ) Pada AC Mobil

Ket:

  • Tutup pengaman
  • Saklar pengaman
  • Sight Glass “kaca pengintai”
  • Filter penyaring
  • Sel silca “Desiccant”

Untuk diketahui bahwa sight glass ini tidak selalu berada di receiver/dryer, untuk hal demikian bahwa sering menemukan sight glass ini pada saluran pipa refrigerant dan bukan berada diatas receiver/dryer, akan tetapi diamana[un tempatnya fungsinya ialah sama saja.

Demikianlah pembahasan mengenai “Lengkap” Fungsi & Konstruksi Receiver ( Dryer ) Pada AC Mobil semoga dengan adanya ulasan tersebut semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: