Inilah Tanda Freon AC Mobil Habis & Cara Mengisinya

Inilah Tanda Freon AC Mobil Habis & Cara Mengisinya “Untuk Diketahui”

Inilah Tanda Freon AC Mobil Habis & Cara Mengisinya – Untuk hal ini telah menjadi rahasia umum bila AC mobil merupakan fitur ataupun komponen pada mobil yang keberedaannya sangatlah penting serta dibutuhkan untuk pengendara atau penumpangnya, karena dengan adanya AC mobil para penumpang mobil tidak akan merasa kepanasan pada saat berada di dalam mobil. Jika disaat kita sedangn berkendara di tengah-tengah kemacetan serta cuaca diluar panas yang sangat terik pastinya dengan keberadaan AC mobil akan sangat dibutuhkan untuk bisa menyejukan ruangan mobil.

Freon AC Mobil Habis

Selain dapat memberikan ruangan interior mobil yang adem atau sejuk. Fungsi AC pada mobil yang tidak kalah penting ialah pada saat musim hujan, dengan kalian menyalakan AC mobil bisa menghilangkan embun yang berada pada kaca mobil yang tidak bisa dibersihkan oleh wiper. Melihat fungsinya sangatlah penting manfaat AC mobil sudah sewajarnya bila para pemilik mobil harus selalu merawat dan selalu menjaga kondisi mobil supaya fungsinya harus tetap bisa maksimal dan yang terpenting AC tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Tanda Freon AC Mobil Yang Habis

Tetapi masih banyak pemilik mobil sering lupa yaitu mengenai Freon AC Mobil telah habis, padahal seiring berjalannya waktu serta sering digunaknnya AC Mobil akan membuat Freon AC mobil akan habis dan tentunya dapat mengurangi kinerja AC mobil dan untuk menjelaskan fungsinya.

Cara Mengetahui Freon AC Mobil Telah Habis

Nah berikut ini bagaimana cara mengetahui Freon AC Mobil yang telah habis? ada beberapa tanda-tanda Freon AC mobil yang dapat diketahui dan untuk mengetahui lebih jelasnya lagi maka simak pembahasan lengkap dibawah ini.

Kompresor AC Tidak Berputar

Tanda Freon AC mobil habis pertama yang dapat diketahui yakni kompresor AC yang tidak berputar sebagaimana biasanya pada saat kalian menyalakan saklar AC mobil tetapi kompresor AC mobil tidak lagi berputar atau diam saja, berarti kalian perlu mengecek apakah Freon AC mobil masih ataupun, bila masih ada berarti terdapat problem yang perlu segera diperbaiki.

Udara Yang Keluar Sudah Tidak Dingin

Selain pada kompresor AC tidak lagi berputar, untuk tanda Freon AC Mobil sudah bis lainnya yang dapat kalian ketahui ialah seperti udara yang dikeluarkan AC sudah sudah tidak dingin atau segar, bila saat kalian sedang mengendarai mobil dan kalian menyalakan AC mobil tetapi udara yang dikeluarkan sudah tidak dingin, ini tanda bahwa Freon AC mobil sudah habis maka dari itu segera diganti.

Kipas AC Tidak Berputar Saat Pada Posisi ON

Langkah yang paling mudah yang selanjutnya yang dapat kalian lakukan untuk dapat mengetahui bahwa Freon AC mobil habis yakni dengan melihat kipas AC berputar ataupun tidak, bila kipas AC masih berputar tetapi tidak maksimal berarti Frepn AC masih ada tetapi akan habis, tetapi jika kipas AC tidak berputar sama sekali bisa dipastikan Freon AC mobil kalian sudah habis.

Periksa Sight Glass AC

Dan tanda-tanda Freon AC mobil yang habis terakhir yang bisa kalian ketahui dengan cara memeriksa sight glass AC, pada kondisi jika Freon AC mobil mulai habis biasanya akan mengeluarkan gelembung udara yang berwarna pink di bagian reeiver pada saat mobil dinyalakan.

Cukup mudah bukan bagaimana cara mengetahui tanda atau ciri Freon AC mobil habis, selain mengecek Freon mobil untuk membuat AC mobil selalu memiliki kinerja yang bagus maka dari itu kalian harus selalu melakukan perawatan AC mobil dengan rutin, kemudian untuk kalian yang ingin mengisi Freon sendiri, nah berikut ini ialah cara mengisi Freon yang dapat kalian lakukan.

Cara Mengisi Freon Pada AC Mobil Dengan Benar

Untuk langkah yang pertama yang dilakukan pada saat mengisi Freon pada AC mobil yakni caranya dengan mengosongkan terlebih dahulu Freon yang tersisa yang terdapat pada AC mobil, caaranya dengan menutup terlebih dahulu katup manifold gauge selanjutnya hubungkan pada selang merah yang menuju ke nipel pada tekanan tinggi dan sementara untuk tekanan yang rendah selang warna biru dan selang warna hijau untuk pompa vakum.

Inilah Tanda Freon AC Mobil Habis & Cara Mengisinya

Bila semuanya sudah terpasang sebagaimana mestinya dan sudah benar maka untuk langkah selanjutnya yakni dengan cara membuka salah satu katup pada manifold yang diteruskan dengan cara menghidupkan pompa vakum. Setelah kalian nyalakan kalian tinggal mengamati ukuran yang terdapat pada vakum gauge adapun untuk ukuran idealnya ialah sekitar 600mmHg “23,62 inHg; 80 kPa”.

Bila kalian sudah melakukan langkah-langkah diatas maka untuk langkah selanjutnya yakni dengan cara membuka katup manifold yang satunya lagi supaya vacuum kinerjanya menjadi lebih efesien karena dua-duanya bekerja. Selanjutnya lihat kembali angka pada vacuum gauge yang diteruskan dengan cara memastikan AC mobil telah bersih dari uap, bila angka dan air sudah pada angka 750 mmHg “29,53 inHg; 99,98 kPa” dengan begitu ukurannya sudah tepat.

Kemudian biarkan terlebih dahulu dan kurang lebih selama 30 menit dan dilanjutkan dengan menutup pada kedua sisi manifold yang kalian tadi buka sebelum kalian mematikan pompa vacuum. Bila sudah pompa vacum telah mati kalian tunggu terlebih dahulu sampai 15 menit dan juga perhatikan angka yang berada pada vacuum gauge, bila angka mengalami penurunan berarti terdapat kebocoran pada sistem AC mobil.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Tanda Freon AC Mobil Habis & Cara Mengisinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Tanda Freon AC Mobil Habis & Cara Mengisinya | Rojali | 4.5
Shares