Inilah Perawatan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Inilah Perawatan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz “Untuk Diketahui”

Inilah Perawatan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz – Untuk perlu diketahui bagi kalian yang memiliki mobil bertranmisi otomatis, aktivitas yang padat dan mobilitas tinggi kaum urban menuntut energi ekstra untuk menjalaninya. Kemudahan dalam berkendara pun menjadi kebutuhan yang terus berkembang sesuai inovasi dari berbagai produsen otomotif tanah air. Tak heran jika gata hidup masa kini yang merambah hampir di semua aspek hidup, terbawa pula ke dalam alternatif berkendara khususnya kendaraan bertranmisi otomatis.

Mobil matic telah terbukti memberi kontribusi berarti untuk meningkatkan performa mengemudi, mekanismenya relatif sederhana dibanding kendaraan bertransmisi manual. Di sisi lain, meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan ruas jalan, memberi dampak kepadatan lalu lintas yang belum juga terpecahkan. Disinilah letak keunggulan praktis dari sebuah mobil matic.

Dan dalam perawatan berkala pada mobil dengan transmisi matik, tidak dapat disamakan dengan perlakukan pada mobil dengan transmisi manual, biaya servis dibutuhkan pun tidak bisa dibilang lebih mahal. Nah berikut ini beberapa perawatan transmisi pada mobil yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

Kualitas Oli Matic

Tranmisi otomatis sangat bertumpu pada sistem hidrolis yang membutuhkan oli sebagai media penyalur tekanannya maka sangat disarankan untuk selalu memeriksa kualiatas oli yang sudah terpakai.

Berbeda dengan transmisi manual yang membutuhkan oli hanya untuk melumasi bagian jeroan gir boks supaya tidak menjadi cepat aus atau karat. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik mobil matik harus memperhatikan kualitas oli transmisi pada kendaraannya, sebab kebersihannya harus terjaga untuk menghindari gejala abnormal seperti slip kopling, yang akan berdampak pada efisiensi pemakaian bahan bakar.

Bila kualitas oli transmisi menurun drastis akibat jarang diganti dapat membuat tekanan hidrolis menjadi berkurang. Kondisi ini disebabkan kotoran yang terkandung dalam pelumas yang bisa menyumbat saringan yang membuat sirkulasi oli tak lancar. Selain itu para pemilik mobil matic disarankan selalu mengecek kondisi ATF “Automatic Transmission Fluid” agar selalu dalam kondisi prima.

Untuk idealnya setipa kelipatan 20 ribu kam atau satu tahun sekali selalu mengecek level ketinggian oli tranmisi “lihat tanda huruf H “Hot”-nya saja, sebagai batas maksimum pelumas dalam kondisi mesin panas. Jika level oli transmisi dibawah H sampai mendekati garis terbawah, pertanda ada kebocoran karena minimnya perawatan.

Memang pada umumnya ongkos penggantian oli transmisi matic termasuk servis berkalanya terbilang lebih mahal dibanding versi manual. Misal pada Honda Jazz keluaran tahun 2004 yang merujuk buku panduan servis berkala, penggantian oli tranmisi M/T setiap 40 ribu km termasuk penggantian suku cadang sesuai ketentuan menghabiskan dana sekitar Rp 1,3 jutaan.

Sementara Jazz A/T penggantian oli tranmisi setiap kelipatan 60 ribu km, total dana yang dibutuhkan termasuk biaya servis berkala sekitar Rp 1.4 jutaan, jika dibandingkan antara mobil matic dan manual, selisihnya tak terpaut terlalu besar. Jika dikonversikan dengan keawetan suku cadang serta efisiensi bahan bakar akibat kondisi transmisi yang bagus bisa jadi perawatan mobil matic lebih terjangkau ketimbang yang manual.

Cara Merawat Mobil Matic

Nah berikut ini beberapa cara merawat mobil matic yaitu:

Perhatikan Automatic Transmision Fluid

Mobil matic membutuhkan perawatan khusus terutama pada gear box, dalam gear box mobil matic, terdapat automatic transmission fluid yang berfungsi melumasi gearbox. Kalian harus melakukan perawatan rutin pada gear box agar tidak terjadi penurunan viskositas kekentalan sesuaikan automatic transmissioan fluid dengan spesifikasi kendaraan kalian.

Proses Pembakaran

Tidak adanya proses pembakaran pada transmisi matic mengakibatkan penurunan viskorita fluida dikarenakan kontaminasi masa pakai. Untuk memperkecil risiko hal tersebut, menyetirlah dengan stabil dan periksakan langsung ke bengkel secara rutin. Menyetir kendaraan dengan halus membuat transmisi matic menjadi awet dan kalian juga dapat menghemat bahan bakar.

Periksa Slip Kopling

Kerusakan transmisi pada mobil matic dapat dirasakan langsung pada slip kopling, hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada laju mobil saat kecepatan tinggi. Periksalah slip kopling secara rutin supaya mobil matic kalian terhindar dari laju yang tidak seimbang.

Periksa Perseneling

Memeriksa perseneling secara berkala berfungsi menghindari laju tidak halus pada mobil, mobil yang masih dalam kondisi baik akan langsung berjalan jika dilepas rem dengan posisi perseneling D dan R. Jika mobil tidak langsung bergerak dan mengeluarkan suara kasar, kalian wajib mewaspadai dan membawa mobil kalian ke bengkel untuk diperiksa.

Posisi Tuas

Harap untuk selalu diperhatikan jika mobil belum benar-benar berhenti, jangan sekali-kali mengganti/mengoper tuas pada posisi P. Dan mobil kalian sedang di parkir jangan biarkan tuas pada posisi D agar plat kopling tidak cepat rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Perawatan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Perawatan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz | Rojali | 4.5
Shares