Inilah Penyebab Power Window Tidak Berfungsi “Untuk Diketahui”

Inilah Penyebab Power Window Tidak Berfungsi “Untuk Diketahui”

Inilah Penyebab Power Window Tidak Berfungsi – Power window ialah salah satu piranti elektronik yang terdapat disebuh mobil dan memiliki fungsi menaik turunkan kaca jendela dari pintu mobil. Mobil masa kini memang rata-rata telah dibekali dengan power window, namun tidak dengan mobil yang dijual dengan harga murah. Bagi anda pemilik mobil yang tidak bekali teknologi power window, tidak perlu berkecil hati karena kini jasa dalam pemasangan power window telah banyak ditawarkan rumah modif atau bengkel terdekat.

Keunggulan dari adanya teknologi power window sendiri ialah kita tidak akan lagi kesusahan pada saat akan menaik turunkan kaca jendela mobil memakai pemutar manual. Namun power window sendiri bukan tanpa kelemahan, komponen elektronik ini seringkali tidak berfungsi atau rusak, bisa juga macet secara tiba-tiba pada kaca jendela tersebut belum tertutup secara sempurna.

Penyebab Power Window Tidak Berfungsi

Adapun penyebab dari tidak berfungsinya power window pada mobil ini diantaranya yaitu:

Sekring (Fuse)

Karena power window ini merupakan piranti elektronik, tentu saja sekring dipakai untuk meminimalisir terjadi konsleting listrik pada mobil. Kalau sekring pada power window terputus, maka otomatis semua perangkat yang ada di dalam power window tidak bisa berfungsi. Hal ini akan mengakibatkan power window disemua pintu mobil mengalami kerusakan.

Saklar Power Window

Kerusakan pada bagian yang satu ini biasa terjadi karena terjadinya konsleting listrik yang hal ini tentu saja menyebabkan saklar terbakar. Atau bisa juga karena plastik yang ada dibagian dalam saklar mengalami aus, jadi saklar tersebut tidak bisa berfungsi secara optimal. Jika pada salah satu pintu terdapat saklar yang rusak, maka otomatis kunci pintu tidak akan bisa dinaikan hanya pada satu pintu tersebut, jadi kerusakan tidak menyeluruh.

Motor Power Window

Motor power window atau biasa kita sebut dinamo ini letaknya ada di dalam pintu mobil. Fungsinya dari dinamo tersebut ialah menggerakan regulator, sehingga kaca bisa naik dan turun. Jika komponen ini mengalami kerusakan atau yang biasa terjadi yakni kumparan tembaga dinamo yang terbakar akibat konsleting listrik, maka power window tidak bisa berfungsi secara maksimal. Tetapi ada kasus lain mengenai power window tidak berfungsi yakni gigi pemutar telah aus.

Regulator Kaca Pintu

Bagian yang satu ini fungsinya menggerakan kaca mobil naik dan turun ditopang oleh dinamo power window. Komponen ini juag sering mengalami kerusakan yang diakibatkan gerigi-gerigi yang dimilikinya aus, jadi power window tidak berfungsi normal. Namun bisa juga karena tempat dudukan kaca pada regulator copot atau terlepas, sehingga pada saat regulator bekerja, kaca tidak dapat naik turun seperti biasanya.

Beberapa komponen yang menyebabkan tidak berfungsinya power window ini hanya sebagian kecil dari kasus yang kerap kali dialami para pemilik mobil. Kadang-kadang perkiraan kita berlawanan dengan kenyataan, maka dari itu kita perlu membawanya ke tukang servis atau bengkel khusus untuk dapat mengatasi power window yang tidak berfungsi tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab Power Window Tidak Berfungsi “Untuk Diketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Penyebab Power Window Tidak Berfungsi “Untuk Diketahui” | Rojali | 4.5
Shares