Inilah Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Di Jalan

Posted on

Inilah Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Di Jalan “Wajib Baca”

Inilah Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Di Jalan – Untuk mengetahui penyebab utama mesin mobil mati, tentu sangat mengganggu jika terjadi saat anda sedang dalam perjalanan, berbicara tentang mesin mobil mati mendadak mempunyai banyak faktor yang menjadi penyebabnya, terlebih setiap merk mobil berbeda-beda pula penyebabnya.

Misalkan dengan merek mobil A dengan mobil B mengalami mesin mati mendadak, dan contohnya pada pengapian yang mati seperti busi bermasalah, tentu hal ini penyebab menghilangnya api pada busi beragam antara mobil A dan mobil B. Ada beberapa faktor penyebab utama yang dapat memicu mesin mobil mati mendadak.

Faktor-Faktor Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

Temperatur Mesin Tinggi

Temperatur mesin tinggi atau biasa disebut overheat dapat terjadi karena salah satu komponen dalam coling system tidak bekerja dengan sempurna, misalnya air radiator habis yang disebabkan selang radiator bocor atau pecah, mengakibatkan air radiator terbuang, kipas radiator tidak berputar, v-belt pump terputus, dan masalah lainnya.

Tapi biasanya jika mesin mengalami overheat sampai menyebabkan mesin mati, penyebabnya karena lalai saat mengendarai mobil dan tidak memperhatikan indikator temperature mesin yang terletak pada panel speedo, sehingga pada saat indikator temperatur melewati ¾ tidak memperhatikan, serta saat indikator temperature memakai lampu LED berkedip juga tidak memperhatikan.

Saat overheat sampai mesin mati, beruntung jika tidak sampai terjadi perpak selinder bocor, silinder kop bengkok, head retak, hingga mesin mati total.

Tidak Ada Suplai Bahan Bakar

Tidak adanya bbm yang masuk keruang pembakaran juga menjadi penyebabnya, bensin di tangki habis tetapi di indikator masih menunjukan bbm masih ada, hal ini bisa terjadi jika pelampung bensin macet disebabkan tangki penyok karena benturan.

Pompa bbm rusak atau bensin tidak naik ke mesin mobil, filter bensin bocor, sensor MAP mengalami kerusakan, pada mobill injeksi bisa saja terjadi.

Tidak Ada Api Di Busi

Begitu juga dengan pengapian, biasanya banyak faktor penyebabnya kenapa pengapian secara tiba-tiba hilang, mulai dari koil rule rusak, TCI dan Igniter rusak, sekring terputus, ECM bermasaah, ECU bermasalah, dan masih banyak lagi, semua kendaraan jika mengalami tidak keluarnya api pada busi tentu penyebabnya beragam.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Di Jalan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: