Inilah Penyebab Dan Efek Buruk Sering Gonta-Ganti Jenis BBM

Inilah Penyebab Dan Efek Buruk Sering Gonta-Ganti Jenis BBM “Untuk Diketahui”

Inilah Penyebab Dan Efek Buruk Sering Gonta-Ganti Jenis BBM – Untuk saat ini seringkali kita melihat teman atau orang lain yang dimana sering sekali dengan menggonta-ganti BBM saat membelinya di POM bensin. Biasanya mereka akan membeli bahan bakar berkualitas bagus atau dengan oktan yang lebih tinggi ketika punya banyak uang. Tapi ketika tidak ada uang, biasanya akan beli bahan bakar berjenis premium saja. Fenomena ini memang sudah sangat sekali sering untuk kita lihat, dan hal ini ternyata juga ditengarai atau disebabkan oleh berbagai hal.

Penyebab Dan Efek Buruk Sering Gonta-Ganti Jenis BBM

Nah berikut ini beberapa penyebab dari fenomena gonta-ganti BBM yaitu:

Dengan Menyesuaikan Dana

Penyebab ini sudah kami sampaikan diatas, seseorang sering dengan gonta-ganti BBM karena membeli BBM bersadarkan uang yang dimiliki. Jika dompet sedang tipis, maka beli bahan bakar yang murah dan begitu sebaliknya.

Ingin Coba-Coba

Penyebab lain orang sering dengan gonta-ganti BBM ialah karena ingin coba-coba saja. Ingin merasakan bagaimana laju kendaraan dan suara kendaraan jikan memakai bahan bakar yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya memakai premium, maka mereka akan mencoba menggunakan pertamax atau pertalite.

Ada Banyak Pilihan

Memang saat ini ada sangat banyak pilihan bahan bakar yang dijual di pasaran. Dulu memang hanya ada premium dan pertamax tapi kini ada juga pertalite dengan cairan berwarna biru. Hal ini semakin mendorong orang untuk mencoba mengganti bahan bakar kendaraannya. Padahal kalian harus tahu bahwa bila kalian sering gonta-ganti BBm ternyata ini juga bisa memberikan dampak atau efek buruk bagi kendaraan dan kebiasaan gonta-ganti bahan bakar ini tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Efek Buruk Sering Ganti BBM Untuk Kendaraan

Berikut ini ialah beberapa efek buruk dari gonta-ganti BBM yakni akan berpengaruh pada usia pakai kendaraan, adanya bahaya yang dapat timbul pada bagian mesin utamnaya ruang bakar. Performa mesin akan menjadi terganggu, seperti komponen, jarum pelampung bermasalah, klep berkerak, bahkan yang terburuk ialah adanya kebocoran kompresi dalam jangka panjang.

Bila kalian sering berganti BBM maka akan membuat banyak partikel bahan bakar yang tidak habis terbakar karena seringnya berganti bahan bakar. Setiap bahan bakar memiliki kendungan yang berbeda-beda dan tidak bisa tercampur. Jadi sebaiknya pilih satu saja, dan menyesuaikan dengan anjuran dari pabrik. Memang sering ada yang bilang kalau memakai BBm jenis ini atau jenis itu, maka tarikan kendaraan akan beda dan sebagainya, sehingga orang jadi penasaran dan gonta-ganti BBM.

Padahal, belum ada penelitian resmi soal ini yang paling penting ialah kalian sebaiknya menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan anjuran dari pabrikan dan itu bisa diketahui dari buku panduan kendaraan kalian. Salah seorang Training service 2W, Suzuki Indomobil Sales “SIS” juga mengatakan bahwa jika sering gonta-ganti BBM akan menyebabkan kerak pada ruang bakar dan hal ini akan membuat performa mesin akan menurun karena kerak mengganjal lubang valve yang seharunya tertutup rapat.

Padahal jika sering dengan gonta-ganti BBM ini akan memberikan pengaruh pada suara mesin seperti ada suara mengelitik pada mesin. Kendaraan juga akan jadi lebih boros. Jadi sebaiknya pakai bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan jenis kendaraan. Jika kalian ingin ganti bahan bakar, ada tips beralih dari premium ke pertamax yakni dengan melakukan pengosongan dulu pada bahan bakar yang sebelumnya, baru kemudian isi dengan bahan bakar yang baru dan sebaiknya kalian tidak gonta-ganti BBM lagi setelah itu.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab Dan Efek Buruk Sering Gonta-Ganti Jenis BBM semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Penyebab Dan Efek Buruk Sering Gonta-Ganti Jenis BBM | Rojali | 4.5
Shares