Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Coil Mobil Cepat Panas

Posted on

Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Coil Mobil Cepat Panas “Wajib Baca”

Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Coil Mobil Cepat Panas – Pengguna kendaraan roda empat pastinya pernah mengalami di saat sedang melaju dalam kecepatan kencang di jalanan tiba-tiba pada mesin mobil menjadi lambat yang sehingga akhirnya mesin menjadi mati. Dan ketika distarter kembali mesin tersebut tidak dapat menyala kembali. Setelah menunggu sampai mesin tersebut agak dingin baru mesin mau kembali menyala normal ketika di starter kembali. Untuk permasalahan yang seperti ini biasanya karena disebabkan oleh coil yang panas.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Coil Mobil Cepat Panas

Dalam hal ini mungkin untuk solusi terbaik ialah harus segera mengganti coil dengan yang baru. Akan tetapi dilain kasus walaupun coil sudah diganti dengan yang baru, namun tetap saja pada coil tersebut akan kembali cepat panas seperti sebelumnya. Hal ini mungkin saja karena ada beberapa komponen dalam sistem pengapian yang mengalami kerusakan sehingga dapat menyebabkan coil tersebut kembali cepat panas dan rusak.

Untuk komponen-komponen dalam sistem pengapian yang biasanya sering mengalami kerusakan ialah pada busi ataupun CDI. CDI sendiri fungsinya mengirim sinyal pada coil untuk dapat mengalirkan arus pengapian dan membuat busi mempercikan bunga api. Dan tidak cuma itu saja, para montir biasanya sering memakai arus coil yang bermuatan negatif untuk dapat menghitung perputaran mesin.

Hal yang demikian ini tidak dianggap salah, dengan catatan mobil yang anda miliki masih menggunakan mesin karburator dengan pengapian platina. Namun apabila anda memiliki mobil dengan mesin canggih biasanya untuk menghitung putaran mesin diambil dari ECU, sementara pada mesin dengan sistem injeksi mengambil putaran mesin/RPM diambil melalui pembangkit pulsa yang ada di komputer.

Akan tetapi kita akan salah apabila mengambil arus positif pada coil untuk dapat mengalirkan arus yang menuju komponen lain misalnya ke fuel pump. Para montir pada bengkel biasanya mengambil arus positif pada coil karena hal ini dinilai sebagai arus kontak. Sehingga pada saat menyalakan kontak, coil akan ikut bekerja. Untuk pengambilan arus positif pada coil tentu saja membuat coil kekurangan suplay daya, yang sehingga coil tidak akan mampu mengalirkan arus yang cukup ke busi dan akibatnya putaran mesin menjadi melemah, dan akhirnya coil akan cepat panas dan mengalami kerusakan.

Untuk penyetelan yang ideal ialah dengan cara memberi relay, yang dimana ketika kontak dihidupkan arus kecil yang dari coil mampu menghidupkan coil. Relay ini berfungsi untuk mengeluarkan arus langsung dari baterai/aki mobil bukan dari coil, yang sehingga coil tidak akan mudah panas maupun rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Coil Mobil Cepat Panas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂