Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter “Yang Perlu Diketahui”

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter – Dengan seiring kemajuan zaman, yang jumlah kendaraan semakin meningkat. Di daerah anda juga pastinyakan, hampir semua orang mempunyai kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi yang banyak dipilih ialah mobil, mobil memang sudah menjadi hal yang dibutuhkan, tidak lagi menjadi barang sekunder.

Apabila anda mempunyai mobil, tentu saja anda harus dapat mengetahui bagaimana cara dari segi perawatannya. Dengan demikian maka mobil yang anda miliki dapat bertahan lama dan akan tetap bandel. Permasalahan dan kendala pada kendaraan mobil bermacam-macam. Yang paling sering terjadi ialah mobil yang tidak dapat distarter, bila sudah demikian maka anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa di starter.

Khususnya anda hanya perlu mengetahui karakteristik dan bagaimana mobil anda. Selain itu anda juga harus mengerti seperti apa mobil itu secara umum, mulai dari segi perawatan, kendala, sampai dengan solusinya. Tidak semua permasalahan dan kendala pada mobil anda harus dibawa ke bengkel. Dalam hal ini ialah bila mobil anda tidak dapat distarter, dengan sedikit usaha anda dapat memperbaikinya sendiri.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Sebelum mobil anda mengalami kendala seperti demikian, maka ada baiknya anda mengetahui penyebab mobil tidak bisa distarter. Berikut ini ialah beberapa diantaranya yaitu:

Kelistrikan

Hal ini merupakan salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter yang paling sering terjadi. Kondisi ini bisa dideteksi jika saat anda menstarter mobil anda, tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Bisa ditandai dengan tidak adanya bunyi starter atau berbunyi sangat pelan dan tidak wajar.

Bila mobil anda tidak dapat distarter karena masalah kelistrikan, maka biasanya masih bisa dinyalakan dengan di dorong. Namun perlu untuk diingat bahwa tidak semua mobil dapat dinyalakan dengan di dorong. Untuk masalah kelistrikan anda bisa memeriksanya pada beberapa bagian, beberapa bagian yang perlu anda perika ialah:

  • Aki
    Aki atau Accu ialah sumber utama kelistrikan, saat terjadi permasalahan kelistrikan bagian utama yang perlu anda curigai ialah bagian aki. Penyebab aki tidak berfungsi bermacam-macam, namun biasanya karena aki sudah tidak layak pakai, sudah terlalu tua atau kotor.
  • Kabel Sikring Utama
    Setelah anda memeriksa aki namun kinerjanya normal, maka yang selanjutnya anda perlu memeriksa kabel sikring utama. Umumnya kabel sikring utama berada di dekat aki pada bagian positif, jika kabel putus, maka harus diganti dan diperbaiki.
  • Socket Dan Kunci Kontak
    Setelah anda memeriksa aki dan kabel sikring utama, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya anda perlu memeriksa bagian socket dan kuci kontak. Ini dapat menjadi biang utama mobil tidak bisa distarter. Socket yang kendor dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Jika anda menstarter mobil anda dan tidak ada suara dari dynamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Anda bisa memperbaikinya dengan mengencangkan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaaan yang seharusnya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala

Permasalahan pada mobil bukan hanya terjadi pada kelistrikannya saja, tapi juga pada bagian lain. Pengetahuan anda mengenai setiap bagian mobil bisa membantu anda mengatasi setiap permasalahan mobil anda, dibawah ini merupakan penyebab mobil tidak bisa menyala.

Kerusakan Mesin

Bila kelistrikan pada mobil anda normal, starter juga normal, namun tidak bisa dinyalakan, maka ada kemungkinan besar adanya kerusakan mesin. Kerusakan mesin yang menyebabkan mobil tidak bisa menyala terjadi pada beberapa bagian mesin mobil. berikut ini diantaranya yaitu:

  • Platina
    Pada mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan platina bisa menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan.
  • Karburator
    Mobil yang belum menggunakan teknologi injeksi, paling rentan terjadi permasalahan pada bagian karburator. Karburator yang berkendala bisa menyebabkan mesin mobil tidak bisa dinyalakan.
  • Pompa Bensin
    Jika pompa bensin mengalami kendala, maka aliran bensin tidak akan lancar, hal ini yang menyebabkan mesin menjadi terganggu, mungkin masih bisa dinyalakan, namun beberapa saat kemudian mati dan seterusnya.
  • Busi
    Jika mesin mobil anda tidak bisa dinyalakan ada baiknya anda memeriksa pada bagian busi. Jangan lupa untuk mencari kerusakan pada jalur busi, seperti kabel dan bagian koil.
  • CDI
    Meskipun jarang terjadi permsalahan pada bagian ini, namun CDI yang kinerjanya sudah tidak optimal bisa menjadi penyebab mesin mobil tidak bisa dinyalakan. Jika sudah demikian jalan satu-satunya yang harus dilakukan ialah dengan mengganti CDI tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter | Rojali | 4.5
Shares