Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip “Wajib Baca”

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip – Untuk pembahasan kali kami akan membagikan ulasan mengenai penyebab & cara mengatasi lampu sein mobil tidak berkedip, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Lampu sein merupakan salah satu instrument navigasi untuk kendaraan baik itu mobil ataupun sepeda motor. Yang dimana memiliki fungsi untuk memberi sebuah tanda untuk kendaraan lain bahwa kendaraan kalian akan mengarah ke arah tertentu “belok kanan atau belok kiri” dan juga dapat memberikan tanda peringatan supaya berhati-hati.

Nah bila lampu sein kendaraan mati, dapat dibayangkan betapa repotnya kita bila saat mengendarai kendaraan khususnya pada mobil. Karena hal ini dapat berakibat fatal akan terjadi kecelakaan lalu lintas. Jika hal demikian terjadi pada mobil kalian, maka segeralah dengan melakukan perbaikan pada lampu sein tersebut dengan langkah-langkah dibawah ini.

Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip

Adapun penyebab & cara mengatasi lampu sein mobil tidak berkedip diantaranya yaitu:

Bohlam Sein Putus

Hal ini pada saat tuas sein difungsikan atau ditekan dan tanda sein yang ada di dashboard mobil berkedip lebih cepat dari biasanya maka hal tersebut menandakan bahwa ada salah satu dari bohlam lampu sein yang mati atau putus. Untuk cara mengatasi masalah demikian kalian tinggal membelikan atau mengganti bohlam sein yang sesuai dengan tipe mobil kalian dan bongkarlah lampu sein kemudian ganti bohlam yang putus dengan bohlam yang baru.

Sekering Putus

Bila pada tuas sein difungsikan serta tidak menyala maka lakukan pemeriksaan sekering yang berhubungan langsung dengan lampu sein biasanya di kotak sekering terdapat petunjuk dan bacalah petunjuk dengan seksama. Untuk hal ini dimana letak sekering yang dimaksud supaya kalian tidak salah mencabut sekering, jika ternyata terdapat yang putus maka segeralah dengan ganti dengan memakai sekering yang baru tentunya yang sesuai.

Flasher Sein Mati

Jika semua sekering dalam kondisi masih bagus dan lampu sein mobil masih tidak mau menyala maka kemungkinan besar ialah terjadi kerusakan pada flasher sein. Peranti yang memiliki nama lain relay winker ini bertugas untuk saklar otomatis pada lampu sein sehingga lampu sein bisa hidup berkedip-kedip. Periksalah flasher yang letaknya berada dekat dengan kotak sekring. Maka lihatlah jika nampak adanya bekas terbakar, maka cara mengatasinya beli flasher sein dengan yang baru dan dudukannya.

Aki Soak Atau Mati

Untuk hal ini periksalah sambungan kabel atau periksa kondisi aki, karena jika tegangan arus yang masuk berkurang, maka sein tidak mau berkedip, jadi sein akan tetap menyala tetapi diam tidak mau berkedip.

Kabel Putus

Jika masih tidak mau menyala maka kemungkinan yang terakhir ialah adanya kabel yang putus. Dalam hal dengan mengurut atau mengecek jalur kabel yang menghubungkan ke jalur lampu sein tersebut, dan apabila sudah mengetahui kabel yang putus maka langsung menyambung dengan menggunakan isolasi atau lak ban.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip | Rojali | 4.5
Shares