Inilah Kelebihan & Kekurangan Suzuki SX4 Dari Interior, Eksterior & Performanya

Inilah Kelebihan & Kekurangan Suzuki SX4 Dari Interior, Eksterior & Performanya “Wajib Baca”

Inilah Kelebihan & Kekurangan Suzuki SX4 Dari Interior, Eksterior & Performanya – Nah pada perkembangan waktu sekarang ini memang sudah sangat tinggi, terutama dalam dunia otomotif seperti mobil-mobil baru yang bermuculan dengan segala kelebihannya seperti Suzuki SX4 ini yang sudah menggabungkan dinamika berkendara secara responsif.

Selain itu kemampuan menjelajah yang tinggi serta di dukung ground clearance yang baik, Suzuki SX4 ialah salah satu mobil dengan hatcback lima pintu dengan menggabungkan karakteristik sporty yang meniriu dari swift dan juga ini menjadi alternatif bagi Suzuki vitara supaya masuk ke segmen SUV.

Pada tahun 2007 sampai 2008 SX4 juga dipergunakan untuk ajang bergengsi yakni World Rally Championship, dalam hal itu SX4 semakin dikenal oleh masyarakat dan membuat keunggulan yang di milikinya menjadi daya tarik tersendiri yang sehingga semakin bertambah bagus.

SX4 di jual secara global oleh Suzuki yang memiliki model strategis, hal tersebut merupakan hasil dari kesepakatan yang dibuat antara Suzuki dengan pengembang Fiat Auto dan salah satu kesepakatan tersebut ialah Suzuki yang memiliki wewenang untuk mengatur manajemen proyek mulai dari konsep awal sampai produksi secara masal.

Bagian Exterior Dari Suzuki SX4

Dari keseluruhan yang ada pada design Suzuki SX4 memang memperlihatkan keunggulan khas Suzuki yang tidak kalian termukan di hatchback konvensional dari mobil-mobil lainnya. Dinamisme SUV memang lebih berbeda dari yang lain dan itu terlihat pada model hatchback yang dipergunakannya.

Suzuki SX4 memang di rancang untuk segala macam kondisi dan tetap terlihat baik di keadaan apapun. Design eksterior SX4 memang meninggi dari bagian depan hingga bagian belakang yang membuat penampilannya lebih sporty dan terlihat lebih tangguh. Untuk bagian kaca juga diberikan bentuk yang sesuai dengan body luar dengan kaca segitiga di atas spion sehingga lebih mendukung design eksterior SX4 tersebut.

Bagian Interior Dari Suzuki SX4

Bagian Interior yang di ada pada SX4 memang memberikan kenyamanan dengan ruang kaki dan ruang bahu luas untuk penumpang di bagian depan maupun belakang. Bukan hanya ruang yang luas untuk kaki tetapi posisi kursi juga dipastikan memberi kenyamanan penumpang dengan bentuk yang sesuai dengan keadaan bagian interior mobil.

Penempatan posisi kursi memang khusus dirancang dengan baik dan benar sesuai pada posisi duduk yang alami agar saat perjalanan jauh tetap nyaman untuk di duduki. Selain posisi kursi, design interior pada SX4 juga mengatur agar semua akses di dalam mobil lebih mudah seperti bukaan pintu yang besar, ketinggian kursi yang sesuai sampai ground clearance yang tinggi.

Hal tersebut akan memungkinkan penumpang yang berada di belakang dapat melihat jangkauan yang luas sehingga kenyamanan ada pada seluruh penumpang yang berada di depan maupun di belakang.
Pada SX4 kalin ini sudah ada model baru seperti LCD kecil yang berguna untuk memberikan informasi penting tentang keadaan kendaraan serta informasi mengenai penggunaan BBM yang ditempatkan di tengah klaster dengan motif melingkar dari sisi udara dan kontrol lainnya.

Design interior teo-tone pada SX4 dipenuhi dengan warna hitam dengan aksen metalik berwarna dan memiliki motif dengan bentuk baji yang memiliki tampilan memukau dan elegan. Selain itu design ergonomis panel instrumen memang sangat memungkinkan untuk pengendara dan kontrolnya yang mudah di pahami.

Kekuatan & Performa Yang Dimiliki Suzuki SX4

Pada Suzuki SX4 yang diperjual belikan di Indonesia saat ini menggunakan mesin 1,5 yang mesin tersebut digunakan juga pada Suzuki Swift, mesin tersebut mampu memproduksi tenaga 110 HP pada putaran sekitar 6.000 RPM dengan torsi puncak 143 Nrr [ada 4.000 RPM.

Tetapi pihak Suzuki tidak melakukan peningkatan terhadap mesin yang ada pada SX4 sehingga kekuatan dan performa mesin masih jauh di bawah Swift yang lebih maju dalam segi kekuatan mesin, hal ini disebabkan karena SX4 memiliki berat yang melebihi dari pada Swift. Akan tetapi ada pendukung lain pada SX4 seperti ground clearance yang tinggi dan memungkinkan mobil ini memiliki daya jelajah yang lebih baik di bandingkan Swift.

Spesifikasi Mobil Suzuki SX4

  • Mesin yakni dengan kapasitas 1.5 liter M15A dengan 4 silinder segaris 16 katup DOHC MPFI VVT.
  • Tenaga maksimum yang dihasilkan yakni 110 [email protected] Rpm.
  • Torsi puncak yakni 143 Nm @4.000 Rpm.
  • Bore x Stroke yakni 78 mm x 78 mm.
  • Rasio kompresi mesin yakni 9.5:1.
  • Konsumsi bahan bakar berkisar yakni 8-10 km/liter “dalam kota”, 13-14km/liter “luar kota”.
  • Type transmisi yakni 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi yakni depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.
  • Rival Suzuki SX4 dikelanya antara lain yakni Honda Jazz, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Mazda2 dan KIA Rio.
  • Tahun pemasaran dari 2007 sampai pertengahan 2012.

Harga Bekas Mobil Suzuki SX4

Harga bekas Suzuki SX4 memang memiliki rentang produksi yang lumayan panjang maka hal itu membuat harga pada setiap SX4 bekas berbeda-beda tergantung kondisi dan performa mesin. Harga termurah yakni pada Suzuki tipe X-Road dengan tahun rendah yang biasanya di jual dengan harga mulai dari 120 jutaan sedangkan untuk harga termahal yakni pada Suzuki tipe X-Over mulai dari 150 jutaan dengan tahun yang tinggi.

Kelebihan Yang Ada Pada Suzuki SX4

  • Ground clearance cukup tinggi dan maksimal.
  • Ground clearance yang dirancang cukup tinggi sehingga daya jelajah mobil Suzuki SX4 lebih tinggi.
  • Kabin dan bagasai cukup lebar dan mampu menampung barang bawaan lebih leluasa.
  • Kabin yang lapang dan ukuran bagasi yang luas agar dapat memuat barang lebih banyak.
  • Bantingannya cukup nyaman dan maksimal.
  • Bantingan terasa sangat nyaman saat digunakan.

Kekurangan Yang Ada Pada Suzuki SX4

  • Fiturnya dirasa sangat minim.
  • Fitur yang ditanamkan pada mobil Suzuki SX4 kurang lengkap dan masih perlu adanya tambahan fitur seperti mobil rival dikelasnya.
  • Performa mesin dirasa kurang maksimal.
  • Performa mesin SX4 yang kurang tangguh dibandingkan dengan SWIFT.
  • Lebih banyak mengkonsumsi BBM.
  • Penggunaan BBM lebih banyak dan boros.
  • Handling kurang lincah.
  • Handiling dirasakan kurang gesit saat berkendara.

Itulah penjelasan tentang bagian-bagian dan spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pada Suzuki SX4, untuk kalian yang mementingkan dan menyukai kenyamanan maka mobil ini ialah salah satu pilihan yang sangat baik, khususnya bagi kalian yang mempunyai jiwa muda dan sporty.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Kelebihan & Kekurangan Suzuki SX4 Dari Interior, Eksterior & Performanya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Kelebihan & Kekurangan Suzuki SX4 Dari Interior, Eksterior & Performanya | Rojali | 4.5
Shares