Inilah Fungsi Sistem Cuk Pada Karburator

Inilah Fungsi Sistem Cuk Pada Karburator “Lengkap”

Inilah Fungsi Sistem Cuk Pada Karburator  – Dalam hal ini sistem pada karburator setelah sistem percepatan ialah sistem cuk. Dimana sistem cuk ini akan bekerja ketika temperatur kerja mesin masih dingin. Lebih mudahnya bekerja ketika pertama kali mesin dihidupkan. Tujuan dari ditambahnya cuk ini ialah agar mesin lebih mudah dihidupkan, mengapa cuk dapat memudahkan dalam menghidupkan mesin..?? nah berikut ini alasannya.

Ketika mesin masih dalam temperatur dingin “belum mencapai temperatur kerja” maka bahan bakar yang dalam hal ini ialah bensin tidak mampu untuk menguap, di tambah lagi sebagian bahan bakar tersebut akan mengembun “menempel” di dinding intake manifold.

Tentu kondisi seperti ini akan membuat bahan bakar tidak sepenuhnya mengalir ke ruang bakar, dengan kata lain campuran udara dan bahan bakar menjadi kurus. Karena campurannya kurus maka mesin akan menjadi sulit untuk dapat dihidupkan.

Dalam hal ini untuk memperkaya campuran maka dibuatlah sistem cuk, sistem cuk akan membuat campuran menjadi kaya dengan perbandingan hampir 1:1 sistem cuk ini bekerja ketika mesin masih dalam kondisi dingin terdapat dua macam sistem cuk yang terdapat pada karburator. Tipe yang pertama ialah tipe manual, dan tipe yang kedua ialah otomatis.

Sistem Cuk Tipe Manual “Manual Choke Type”

Sesuai dengan namanya cuk dengan sistem manual akan bekerja apabila dioperasikan oleh pengemudi “disebut manual”, sistem cuk ini biasanya untuk membuka dan menutup terdapat tuas yang dihubungkan ke sistem cuk pada karburator dengan mekanisme linkage.

Jadi ketika pada pagi hari atau pada saat kondisi mesin masih dingin, pengemudi dapat mengaktifkan katup cuk dengan cara menarik tuas atau menekan tombol cuk yang terdapat pada insturamen panel.

Sistem Cuk Tipe Otomatis “Automatic Choke”

Berbeda dengan sistem cuk tipe manual, sistem cuk otomatis ini akan bekerja secara otomatis, jadi pengemudi tidak perlu mengoperasikan cuk lagi. Pada tipe ini, katup akan membuka dan menutup secara otomotasi yang berdasarkan pada temperatura ruang mesin. Sistem cuk tipe ini terdapat dua macam yakni sistem pemanas dari echaust dan sistem elektric.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Fungsi Sistem Cuk Pada Karburator semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Inilah Fungsi Sistem Cuk Pada Karburator | Rojali | 4.5
Shares