Inilah Fungsi & Cara Mudah Atur Ulang Lampu Sorot Mobil Dengan Benar

Inilah Fungsi & Cara Mudah Atur Ulang Lampu Sorot Mobil Dengan Benar “Untuk Diketahui”

Inilah Fungsi & Cara Mudah Atur Ulang Lampu Sorot Mobil Dengan Benar – Dalam hal ini pengaturan pada sorot lampu depan kendaraan memiliki tujuan sebagai cara untuk mendapatkan jarak padang yang cukup saat berkendara dalam kegelapan malam. Oleh karena itu pengaturan dalam penggunaan lampu sorot sangat diperlukan. Lampu sorot ini berfungsi sebagai mata pada sebuah kendaraan.

Posisi sorotan dari lampu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mengganggu padangan kita, pengendara lainnya dan pemakai jalan dari arah depan. Sorotan lampu yang terlalu tinggi dapat menyilaukan pengemudi dari arah berlawanan. Lampu dekat dan lampu jauh sendiri memiliki standarisasi dipasang tidak lebih dari 1.5 meter dari permukaan jalan dan kurang dari 40 cm dari bagian luar kendaraan.

Penyebab Berubahnya Lampu Sorot

Adapun penyebab berubahnya lampu sorot yaitu:

  • Pengaturan ketinggian sinar lampu yang tidak sesuai.
  • Ada kemungkinan bohlam tidak berada di tempat yang benar.
  • Pastikan bohlam h4 untuk headlamp dan sudah duduk pada dudukannya.
  • Getaran reflektor yang terlepas dari baut.

Fungsi Lampu Sorot Pada Mobil

Adapun fungsi lampu sorot pada mobil yaitu:

  • Sopan dengan orang lain.
  • Meminimalisir kecelakan.
  • Terhindar dari umpatan orang lain.
  • Mengurangi polusi cahaya.

Cara Mudah Mengatur Lampu Sorot Mobil

Berikut tips dan cara mudah atur ulang lampu sorot dengan benar:

Perlu diketahui pada bagian headlamp yang memiliki fungsi sebagai penyetel tinggi rendah dan kanan kiri dari hedlamp. Posisikan mobil pada tempat yang rata dan dengan jarak pandang yang cukup jauh kemudian nyalakan lampu depan untuk mengatur sorot headlamp.

Dekatkan mobil pada tembok dan buatlah garis sesuai dengan ketinggian lampu pada mobil. Mundurkan mobil kemudian atur kembali ketinggian sorot lampu dengan mengubah setelan yang ada di headlamp hingga sinarnya sama tinggi dengan garis pada tembok. Arahkan sorotan lampu ke sisi kiri supaya sinar dapat menerangi bagian kiri jalan.

Perlu diperhatikan beberapa hal untuk beberapa mobil, posisi baut pengaturan memiliki tempat yang sempit dan cukup dalam. Dalam hal ini dibutuhkan obeng khusus dengan diameter kecil dan dengan tangki berukuran panjang. Pada saat pengaturan, kosongkan bagasi untuk menghindari bagian depan mobil yang terangkat. Ini akan membuat arah dari sorotan cenderung lebih rendah.

Inilah Fungsi & Cara Mudah Atur Ulang Lampu Sorot Mobil Dengan Benar

Selain itu perhatikan pula penyetelan lampu sorot dengan membiarkan 1 orang duduk di posisi supir dengan berat badan sekitar 75 kg. Pengaturan lampu juga harus dilakukan saat headlamp terlepas dari mobil untuk membersihkan. Hindari menggunakan lampu sorot jauh pada saat yang bersamaan dengan mobil yang datang dari arah berlawanan karena akan terjadi pantulan balik akibat benturan antar partikel. Jangan memaksakan secara terus menerus menggunakan lampu jauh dan berikan kode jika kalian akan mendahului kendaraan lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Fungsi & Cara Mudah Atur Ulang Lampu Sorot Mobil Dengan Benar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.  🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Fungsi & Cara Mudah Atur Ulang Lampu Sorot Mobil Dengan Benar | Rojali | 4.5
Shares