Inilah Ciri & Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan

Inilah Ciri & Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan “Wajib Untuk Diketahui”

Inilah Ciri & Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan – Untuk hal ini bagi pemilik mobil sudah semestinya tidak hanya paham soal bagaimana cara mengemudi, para pemilik juga dituntut untuk mengetahui hal-hal lain seperti bagaimana perawatan, modifikasi yang tidak boleh dilakukan dan permasalahan yang biasa terjadi pada mobil. Selain itu pemilik mobil juga sangat perlu mengetahui karakter kendaraannya.

Untuk perlu sekali diketahui, karakter setiap mobil sangat berbeda-beda, karakter mobil berjenis MPV tentu tidak sama dengan SUV ataupun sedan, begitu juga sebaliknya. Mengetahui karakter kendaraan akan membuat kalian nyaman dan lebih siap ketika mengemudikan mobil di jalan, terkait dengan karakter mobil, sudah tahukan kalian mengenai body roll..?? Kondisi tersebut umumnya terasa pada mobil dnegan bodi tinggi, seperti MPV, SUV atau jenis mobil minibus, mobil dipacu dalam kecepatan tinggi sehingga menimbulkan gejala tersebut, lantas apa difinisi dari body roll dan apa penyebabnya..??

Definisi Body Roll

Body roll merupakan daya lempar body mobil ke arah luar jalur, yang dimana ketika kendaraan sedang berbelok atau bermanuver. Yang dalam hal ini seperti halnya gaya sentrifugal, bisa dilihat dan dirasakan saat berbelok kencang ke kiri misalnya, tubuh mobil cenderung terlempar ke arah kanan, yang dalam istilah body roll biasa juga disebut “limbung”. Dalam hal ini semakin tinggi body kemungkinan mobil akan mengalami gejala body roll akan semakin besar, hal ini juga dapat menimbulkan bahaya apabila pengemudi tidak mengenal kondisi tersebut dan sembarangan ketika mengendarai mobil.

“Bayangkan bila sebuah bus tingkat, berbelok dengan kecepatan tinggi 90 derajat ke arah kiri dimana bisa membuat bus itu jatuh ke arah kanan. Tapi mobil Formula 1 dengan mudahnya berbelok ke kiri di tikungan tajam dengan kecepatan tinggi, yang salah satunya karena ceper bodinya”. Terkait dengan body roll untuk hal ini kami lebih memilih kata bahaya, dimana mobil bisa saja terbalik. Jadi jaga kecepatan saat kondisi menikung, terutama saat mengemudikan mobil-mobil yang berbodi tinggi.

Penyebab Mobil Limbung

Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, para pengemudi harus mengetahui penyebab mobil limbung atau body roll, Hal ini penyebab body roll pada mobil tidak banyak. Selain body yang tinggi, untuk gajala limbung terjadi pada mobil karena faktor suspensi yang terlalu lembut atau empuk. Hal inilah yang membuat body mobil menjadi lebih mudah bergoyang. Ketika suspensi yang dipakai mobil berkarakter terlalu lembut, gerakan body mobil akan lebih besar bila dibandingkan dengan suspensi yang keras. Lagi-lagi contohnya ialah mobil Formula 1 atau mobil balap lainnya, tubuh ceper dan suspensi di buat keras.

Ciri Body Roll

Pada mobil yang mengalami gejala limbung bisa dirasakan saat body mobil bergoyang-goyang saat melintasi jalan yang tidak rata. Bisa juga diketahui ketika mobil berbelok sedikit di jalan tol “berpindah jalur”, ciri lain mobil limbung ialah gerakan body mobil yang cukup banyak. Dalam kondisi tersebut penumpang merasa body bergerak tidak wajar atau biasa disebut dengan istilah “buang”, hal tersebut akan lebih terasa di bagian belakang mobil. “

Kalau kalian membuntuti mobil limbung, maka akan tampak bodinya bergerak-gerak berlebih saat berbelok atau pindah jalur. Dan untuk mengetahui body roll atau limbung pada mobil, ada cara yang bisa dilakukan. Yaitu di tes dengan cara zig-zag melewati cones. Dengan cara ini dapat diketahui seberapa jauh body terlepar ke arah luar. Semakin kecil lemparannya maka akan semakin bagus body roll-nya.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Ciri & Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Ciri & Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan | Rojali | 4.5
Shares