Inilah Ciri-Ciri Alternator Mengalami Kerusakan Pada Mobil

Inilah Ciri-Ciri Alternator Mengalami Kerusakan Pada Mobil “Untuk Diketahui”

Inilah Ciri-Ciri Alternator Mengalami Kerusakan Pada Mobil – Di dalam sistem kelistrikan yang berada di kendaraan roda empat seperti mobil, terdapat sebuah komponen Alternator yang dalam hal ini merupakan pembangkit listrik utama yang sangat penting. Komponen alternator ini sendiri berfungsi untuk menyuplai energi listrik pada mesin pada saat mesin aktif atau hidup.

Untuk diketahui juga bahwa aki atau baterai yang berada pada kendaraan yakni merupakan sebuah alat pacu saat starter mobil di hidupkan dan apabila alternator rusak maka pada aki atau baterai akan otomatis berperan sebagai sumber listrik utama. Pada sistem kelistrikan mobil, komponen alternator memiliki tegangan yang lebih tinggi dari pada baterai atau aki. Nah bagi anda yang ingi dapat mengetahui apa saja sih ciri-ciri alternator yang sudah mengalami kerusakan..?? Nah berikut ini pemaparannya.

Ciri-Ciri Alternator Mengalami Kerurasakan

Dengan demikian anda dapat mengetahui dengan mudah ciri-ciri alternator yang sudah mengalami rusak. Untuk lebih jelasnya mengenai tanda-tanda pada saat alternator mobil mengalami kerusakan sebagai berikut.

  • Pada saat mesin mobil hidup, maka pada lampu indikator akan menyala, hal ini mengindikasikan bahwa Alternator atau generator yang berada di mobil anda sudah tidak mampu lagi untuk membangkitkan listrik.
  • Kemudian pada alternator akan menghasilkan bunyi, ya tentu saja hal yang demikian tersebut mengidikasikan bahwa alternator telah rusak yang sehingga akan menimbulkan bunyi suara yang bising dari alternator itu sendiri. Untuk perlu anda ketahui juga bahwa bunyi tersebut di sebabakan oleh putusnya dioda rectifier alternator.
  • Pada saat baterai atau aki diganti akan tetapi akan selalu tekor dan tidak mampu lagi untuk dapat menjalankan starter, maka hal ini di akibatkan oleh kurangnya tegangan Ouput yang dihasilkan atau lemahnya tegangan pengisian alternator.
  • Nah dari itu anda harus lebih mengetahui bahwa tegangan yang dikeluarkan oleh komponen alternator aki 12 v harus berada di kisaran 13.6 sampai 14.0 volt. Saat mengindikasikan kurang dari 13.6 volt maka baterai atau aki akan selalu tekor dan tidak akan mampu untuk melakukan starter, meskipun indikator light aki tidak On. Masalah tersebut biasanya terjadi di kendaraab mobil yang full aksesoris pada kelistrikan yang banyak.

Pada saar alternator pada mobil anda sudah mengalami drop, maka yang perlu anda lakukan yakni mencari sumber atau faktor penyebabnya. Nah berikut ini beberapa faktor yang dapat penyebabkan alternator mengalami drop yaitu:

  • Hal yang pertama yakni adanya dioda yang terputus yang berada di IC regulator, maka arus yang timbul oleh alternator tidak penuh.
  • Yang penyebab selanjutnya yakni pada settingan ke out eksternal voltage regulator yang menggunakan cut out maka hal demikian ini dapat menyebabkan alternator akan menjadi ngedrop.
  • Dan tidak hanya itu saja pada alternator yang ngedrop dapat disebabkan oleh adanya hubungan antara rotor slip rings dengan carbon brus yang tidak maksimal dan nantinya akan dapat menghambat arus listrik menuju rotor coil yang berada pada alternator.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Ciri-Ciri Alternator Mengalami Kerusakan Pada Mobil semoga dengan andanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Inilah Ciri-Ciri Alternator Mengalami Kerusakan Pada Mobil | Rojali | 4.5
Shares