Inilah Cara Kerja Sistem Power Steering Pada Mobil

Inilah Cara Kerja Sistem Power Steering Pada Mobil “Untuk Diketahui”

Inilah Cara Kerja Sistem Power Steering Pada Mobil  – Untuk saat ini sudah banyak kendaraan yang dimana telah beralih ke teknologi yang lebih canggih, yang salah satunya yakni dengan menggunakan power steering. Dengan menggunakan sistem power steering, para pengguna kendaraan roda empat ini akan merasa ringan pada saat akan belok ke kanan dan juga akan membelok kekiri. Pada sistem kemudi ini memiliki satu booster hidrolis pada bagian tengah mekanisme kemudi supaya menjadi lebih dingin.

Biasanya pada kendaraan normal beratnya putaran roda kemudi yaitu 2 hingga 4 kilogram, ya sistem power steering tersebut dirancang untuk mengurangi usaha pengemudi apabila kendaraan berkerak pada putaran rendah dan bisa menyesuaikan pada tingkat tertentu bila kendaraan mulai bergerak.

Dalam penggunaan power steering sendiri memberikan kuntungan yakni dengan mengurangi daya pengemudian atau yang disebut dengan steering effort dan mampu memberikan kestabilan yang tinggi selama anda mengemudi. Lantas bagaimanakah cara kerja pada sistem power steering yang berada di kendaraan roda empat, dari pada anda penasaran yuk, simak ulasan informasinya dibawah ini.

Cara Kerja Sistem Power Steering

Adapun untuk cara kerja pada sistem power steering dibagi menjadi dua yaitu:

Pada Saat Posisi Netral

Pada saat keadaan posisi netral, minyak dari pompa akan dialirkan ke katup pengontrol yang bernama Control Valve, jika katup pengontrol berada pada posisi netral, maka semua minyak akan mengalir melewati katup pengontrol ke saluran pembebas atau yang dinamakan dengan relief port dan akan kembali ke pompa. Pada saat tersebut tidak akan terbentuk tekanan dan arena tekanan kedua sisi sama torak tidak bergerak.

Pada Saat Posisi Membelok

Steering main Shaft merupakan pada saat poros bergerak ke salah satu arah, maka katup pengontrol akan bergerak menutup salah satu saluran minyak. Saluran lain akan terbuka dan akan terjadi perubahan pada volume aliran minyak dan akhirnya akan terbentuk suatu tekanan.

Pada kedua sisi torak tersebut akan terjadi perbedaan tekanan dan torak akan bergerak ke sisi yang bertekanan rendah sehingga minyak power steering yang berada dalam ruangan tersebut akan dikembalikan ke pompa melewati katup pengontrol.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Kerja Sistem Power Steering Pada Mobil semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Cara Kerja Sistem Power Steering Pada Mobil | Rojali | 4.5
Shares