Inilah Cara Kerja Power Window Pada Mobil “Untuk Perlu Diketahui”

Inilah Cara Kerja Power Window Pada Mobil “Untuk Perlu Diketahui”

Inilah Cara Kerja Power Window Pada Mobil “Untuk Perlu Diketahui” – Untuk hal ini power window sendiri merupakan sebuah rangkaian perangkat elektronik yang dimana dalam hal ini memiliki fungsi sebagai penggerak naik dan turun dari kaca mobil dengan bantuan saklar, yang dimana untuk saklar power window ini terletak dibagian pintu mobil.

Yang ketika menekan tombol saklar tersebut, motor power window akan menjadi bergerak berputar lalu diubah oleh regulator untuk kemudian diubah menjadi gaya naik turun, nah itulah kenapa kaca mobil dapat terbuka maupun tertutup.

Dalam hal ini Regulator power window atau sistem pengangkat tersebut sangat penting sekali keberadaannya dalam sebuah rangkaian power window. Pada salah satu motor listrik kecil yang telah diterapkan diregulator dan memakai rasio gigi yang mampu menghasilkan putaran dengan tenaga yang terbilang cukup mampu untuk dapat menaikan kaca mobil dan juga sekaligus untuk membuat kaca mobil bisa naik dan turun dengan begitu lancar.

Selain ada regulator, ada juga beberapa komponen elektronik penting di dalam rangkaian power window ini seperti: Saklar utama power window, Saklar tunggal power window, Relay, Fuse, Sikring dan Motor penggerak power window.

Dalam hal demikian setelah kita membahas beberapa komponen penting didalam rangkaian power window tersebut, maka selanjutnya mari kita akan langsung beranjak pada cara kerja power window ini. Penasaran..?? kalau begitu simak ulasan selengkapnya sebagai berikut:

Cara Kerja Power Window Pada Mobil

Yang ketika kunci kontak diputar ke posisi On, maka arus listrik dari baterai akan menuju sikring yang kemudian ke terminal 1 relay – terminal 3 – massa, hal ini akan mengakibatkan gulungan relay akan menjadi berubah jadi magnet dan titik kontak berhubungan sehingga arus listrik mengalir menuju terminal 2 relay ke terminal relay 4 – terminal 1 pada saklar power window switch ini akan mengalir ke terminal 5 power window. Energi listrik yang ada pada baterai tersebut nantinya akan diubah menjadi energi gerak, sehingga kaca jendela bisa naik dan turun.

Kini anda sudah mengetahui sistem kerja dari power window pada mobil, jika salah satu komponen pada rangkaian power window mengalami kerusakan maka power window tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Kerja Power Window Pada Mobil “Untuk Perlu Diketahui” semoga dengan adanya ulasa tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Cara Kerja Power Window Pada Mobil “Untuk Perlu Diketahui” | Rojali | 4.5
Shares