Fungsi Pegas Radial Pada Plat Kopling Di Mobil

Posted on

Inilah Fungsi Pegas Radial Pada Plat Kopling Di Mobil

Fungsi Pegas Radial Pada Plat Kopling Di Mobil – Untuk kesempatan pada kali ini kami akan mengulas mengenai apa sih fungsi dari pegas radial yang berada di plat kopling. Sebelum membahas pegas radial kami akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara kerja sistem kopling pada kendaraan.

Kopling merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi yang sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.

Tujuan utama dari kopling ialah menyatukan dua bagian yang bisa berputar, dengan pemilihan, pemasangan dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum dan biaya perawatan bisa diperkecil.

Kopling sendiri memiliki fungsi untuk memutus dan menyambungkan putaran mesin yang selanjutnya di salurkan ke komponen penggerak seperti roda. Pada sistem kopling tersebut terdapat komponen yang bernama pegas radial yang berada di plat kopling. Lantas apa sih fungsi dari pegas radial tersebut..?? Nah berikut ini kami akan jelaskan fungsi dari pegas radial yang berada di plat kopling.

Fungsi Pegas Radial

Dalam hal fungsi radial sendiri yang berada di plat koling ialah untuk meredam kejutan atau getaran pada saat kopling terhubung yang dalam hal ini sehingga akan di peroleh sebuah proses penyambungan yang sangat halus dan juga getaran atau kejutan selama menghubungkan.

Maka dari itu pegas radial harus dapat mampu untuk menerima gaya radial yang terjadi pada saat plat kopling memiliki elastisitas yang baik. Akan tetapi demikian apabila dalam penggunaan yang terus menerus maka pegas radial tersebut yang berada di plat kopling tersebut akan mengalami seperti kerusakan. Keausan pada komponen tersebut ialah pada karet atau seal yang akan berkurang atau mengikis, malah dapat jadi karet tersebut akan keras dan pecah.

Dan sedangkan untuk pegas ulir sendiri kemungkinan besar akan berkurang panjang bebasnya, yang biasanya di tujukan dengan terjadinya kelonggaran pada pegas rumahnya dan akan menimbulkan suara yang tidak enak di dengar oleh pengemudi.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Pegas Radial Pada Plat Kopling Di Mobil semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: