Crossmember Mobil Keropos ?? Inilah Penyebab & Perawatannya

Crossmember Mobil Keropos ?? Inilah Penyebab & Perawatannya “Wajib Baca”

Crossmember Mobil Keropos ?? Inilah Penyebab & Perawatannya – Dalam melakukan perawatan sebuah mobil merupakan hal yang perlu dan bahkan wajib dilakukan oleh setiap pengendara sekaligus pemilik mobil, namun tak banyak orang yang sadar bahwa perawatan mobil yang utama bukanlah memodifikasi serta menambahkan aksesoris pada mobil, melainkan mementingkan kenyamanan dari mobil yang kalian miliki, meskipun saat ini lebih banyak pemilik mobil yang cenderung ingin tampilan mobilnya terlihat lebih beda.

Perawatan mobil pun terbilang cukup beragam, perawatan rangka atau bodi mobil serta mesin merupakan aktivitas yang paling utama, terlebih jika kalian pengguna mobil yang usia pakainya sudah lumayan tua. Dalam melakukan perawatan rangka mobil, hal ini tentunnya kalian melihat bagian-bagian tertentu yang kondisinya tak lagi baik, terdapat salah satu komponen rangka mobil yang berperan cukup vital yakni crossmember.

Pengertian Crossmember

Secara garis besar, crossmember merupakan sebuah komponen balok yang melintang atau potongan yang terbuat dari besi maupun baja dan umumnya berbentuk seperti kotak yang kemudian dirangkai dengan baut melintang pada sebuah rangka mobil dengan fungsinya sebagai penopang mesin. Selain berperan sebagai penopang mesin crossmember juga menjadi penyeimbang laju mobil yang kalian kendarai, maka dari itu memastikan crossmember selalu berada dalam kondisi yang optimal serta mencegah kerusakannya merupakan hal penting yang harus kalian lakukan.

Kenapa Crossmember Jangan Biarkan Keropos

Seiring berjalannya waktu, crossmember pada mobil kalian dapat mengeropos, hal ini pun akan berdampak pada keamanan berkendara kalian karena crossmember yang keropos dapat mengakibatkan hal yang fatal diantaranya yaitu:

Berperan Sebagai Penahan Mesin

Jika crossmember rusak ataupun keripos dapat membuat permasalahan pada komponen lain. Jika cross member tidak kuat untuk menahan mesin, secara otomatis mesin mobil akan mengalami getaran, dampak yang paling fatal pun mesin dapat jebol atau jatuh ke bawah karena faktor crossmember yang sudah keropos dan patah ketika mobil melaju dijalanan yang rusak dan berlubang.

Sebagai Penyeimbang

Selain berperan sebagai penahan mesin, peran crossmember sebagai penyeimbang tentu begitu penting, crossmember yang keropos tentu dapat mempengaruhi keseimbangan ketika berkendara yang akan terganggu. Hal ini dapat terjadi karena crossmember memiliki banyak bagian penahan mesin atau bantalan yang melekat pada komponen tersebut seperti strut rod, stabilizer bar, shock absorber, upper arm, lower arm, dan masih banyak lagi komponen suspensi lainnya.

Penyebab Crossmember Keropos

Crossmember dapat mengalami keropos karena beberapa penyebab diantaranya ialah usia kendaraan yang sudah cukup tuas, selain itu berkendara melalui jalanan yang rusak juga salah satu faktor penyebab komponen ini keropos. Selain itu air pembuangan AC yang jatuh pas di bawah crossmember sebelah kiri dan merambat ke bagian kanan secara terus menerus juga dapat menyebabkan korosi dan keroposnya crossmember mobil kalian.

Perawatan Crossmember

Untuk mencegah crossmember agar tidak mengalami keropos, mengetahui cara perawatan komponen satu ini penting untuk kalian lakukan. Perawatan ini juga bertujuan agar crossmember dapat selalu berada dalam kondisi yang maksimal sebagai penahan mesin dan penyeimbang mobil. Berikut ini tentang perawatan crossmember mobil:

Crossmember Mobil Keropos ?? Inilah Penyebab & Perawatannya

Hindari Jalanan Berlubang

Ketika mengemudi mobil, hal terpenting yang perlu dilakukan sebagai pengemudi ialah memilih jalan yang bagus untuk dilewati, jangan memaksakan kehendak pada mobil untuk melalui jalan yang rusak, karena hal ini dapat berusak berbagai komponen tertentu yang ada pada crossmember jika mobil dilaju di jalan berlubang secara terus menerus, untuk itu berkendaralah dijalan yang rata dan bagus demi terjaganya seluruh komponen mobil kalian.

Mengelas Bagian Rangka Crossmember

Jika terdapat bagian crossmember yang telah keropos, untuk mengatasinya kalian dilas agar bisa diperbaiki bagian yang tak lagi normal tersebut, jangan lupa untuk menambahkan komponen anti karat dengan tujuan agar rangka crossmember dapat lebih awet.

Lakukan Penggantian Pada Crossmember Yang Rusak

Crossmember yang mengalami kerusakan perlu diganti sesegera mungkin. Crossmember yang bermasalah atau sudah mengalami kerusakan dapat diketahui dengan gejala atau tanda-tanda yang membuat mobil terasa tidak nyaman dan bagian depan mobil mengeluarkan bunyi “krek-krek” ketika mobil dikendarai atau bunyi “dug-dug” saat melewati polisi tidur. Ketika hal ini terjadi, maka segera dilakukan perbaikan.

Membuat Selang Tambahan Untuk Pembuangan AC

Tips terakhir kalian dapat membuat selang tambahan untuk air pembuangan AC hal ini bertujuan agar air tersebut tidak langsung jatuh mengenai crossmember yang dapat membuat komponen ini berkorosi jika air terus menerus mengendap.

Demikianlah pembahasan mengenai Crossmember Mobil Keropos ?? Inilah Penyebab & Perawatannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Crossmember Mobil Keropos ?? Inilah Penyebab & Perawatannya | Rojali | 4.5
Shares