Cara Termudah Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor

Cara Termudah Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor “Wajib Baca”

Cara Termudah Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor – Baterai atau aki atau bisa juga accu merupakan sebuah sel listrik yang dimana di dalamnya berlansung proses elektrokimia yang reversibel “dapat berbalikan” dengan efisiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel ialah didalam baterai dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik “proses pengosongan” dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pingisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai yakni dengan melewatkan arus listrik dalam arah “polaritas” yang berlawanan didalam sel.

Dalam hal ini Baterai atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia yang akan digunakan untuk mensuplai “menyediakan” listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Cara Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor

Nah berikut ini penyebab dan cara mengetahui aki mobil yang sering tekor yang perlu diketahui yaitu:

Mobil Lama Tidak Dipakai

Mobil yang lama tidak dipakai dan mobil yang jarang dipanaskan, untuk mobil yang jarang digunakan sebaiknya dipanaskan atau dihidupkan setiap 2 hari sekali selama 5 menit, hal ini dilakukan agar aki tetap mendapat asupan listrik dari alternator.

Alternator Sudah Lemah

Alternator “dinamo amphere” sudah lemah atau rusak, apabila alternator sudah lemah atau tidak bisa lagi mensupply listrik ke aki, maka aki pun akan tekor. Untuk mengetahui alternator masih berfungsi dengan baik sangatlah mudah yakni dengan mengecek panel di listrik yang bergambar aki pada dashboard mobil, apabila gambar aki tersebut merah dan pada saat mobil dihidupkan tanda tersebut mati, maka di diindikasikan alternator berfungsi dengan baik, maksudnya listrik yang ada di aki sudah penuh.

Jumper Atau Cas Aki

Accu atau aki mobil apabila dari 2 faktor diatas sudah dilakukan pengecekan dan ternyata masih terjadi aki mobil sering tekor cobalah di stroom dengan alat stroom aki, apabila setelah di stroom aki mobil masih tekor juga bisa jadi aki mobil tersebut sudah rusak atau sudak waktunya minta ganti adapun masa pemakaian aki normal itu ialah rata-rata 3-4 tahun dan itupun tergantung dari perawatannya.

Pemakaian Berlebih

Dalam hal ini pemakaian berlebih maksudnya ialah pemakian listrik dari aki lebih besar dari pada listrik yang ada di aki dan capasitas supply listrik dari alternator ke aki solusi untuk ini ialah ada 2 cara yakni mengurangi pemakian stroom di mobil atau dengan menambah kapasitas aki dan alternatornya. Supaya listrik yang masuk ke aki lebih besar dan pemakian listrik seimbang.

Kebocoaran/Korsleting

Dalam hal ini kebocoran/korsleting cobalah diteliti bisa saja terjadi kebocoran stroom atau korsleting pada jalur stroom karena kondisi seperti ini bisa berpengaruh terhadap stroom yang tersimpan di aki yakni menjadi cepat tekor.

Kabel ACCU

Kabel Accu yang dimaksud kabel disini ialah kabel yang dari dinamo amphere karena apabila kabel ini kendor maka supply stroom yang masuk ke aki pun menjadi tidak maksimal. Cobalah dikencangkan supaya masukan stroom yang masuk ke aki menjadi lebih maksimal.

Cara Termudah Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor

Dioda Kiprok

Dioda kiprok untuk yang satu ini kalian hanya cukup mengecek apakah dioda kiproknya masih berfungsi atau tidak apabila sudah rusak segeralah menggantinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Termudah Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Termudah Mengetahui Aki Mobil Sering Tekor | Rojali | 4.5
Shares