Cara Sederhana Merawat Aki Kering Mobil Agar Tahan Lama

Cara Sederhana Merawat Aki Kering Mobil Agar Tahan Lama “Wajib Baca”

Cara Sederhana Merawat Aki Kering Mobil Agar Tahan Lama – Dalam hal ini aki atau akumulator ialah sebuah komponen pada sebuah kendaraan seperti di mobil yang dimana memiliki fungsi yakni untuk menyimpan energi listrik dengan bentuk energi kimia. Menyalanya lampu, klakson dan AC pada mobil merupakan bentuk-bentuk nyata dari hasil kinerja sebuah akumulator.

Karena keberadaannya menunjang fungsi dari komponen lanjut sebuah kendaraan maka dalam perawatan yang tepat ialah sebuah hal yang mutlak sangat diperlukan agar menjaga kinerja akumulator tetap baik dan menghindarkan pengguna dari kemungkinan kerusakan yang merembet pada komponen lainnya.

Lalu apa saja ciri-ciri aki yang mengalami penurunan kinerja?? mudah untuk dikenali, ketika kalian mendapati hasil bahwa pencahayaan lampu yang mulai tidak terang dan sulit untuk di starter bahkan kerap gagal, bisa jadi akumulator kalian bermasalah.

Untuk solusinya dengan mengganti yang baru tentu saja kalu ganti baru akan memakan biaya yang relatif tinggi. Maka dari itu untuk membantu kalian akami akan memberikan tips dalam merawat aki khususnya aki kering agar tetap awet dan tahan lama supaya kinerjanya tetap maksimal.

Adapun aki dalam sebuah kendaraan memiliki manfaat yang diantaranya yaitu:

  • Untuk alat penyedia arus listrik untuk starter mesin, penerangan, serta kelistrikan aksesoris mobil, seperti tape mobil, alarm, etc.
  • Menstabilkan tegangan kendaraan serta memback-up alternator jika tidak dapat penuhi keunggulan beban listrik yang dibutuhkan dikendaraan.
  • Dikendaraan keluaran teranyar, aki berperan untuk sumber arus listrik yang dibutuhkan oleh system jalannya operational computer “ECU” mobil, berarti bila suplai listrik dari aki terputus maka system di mobil tidak bisa berperan, pastikan kalian menghindari terjadi aki mobil tekor.

Perawatan Aki Mobil Kering

Accu kering memiliki keunggulan bagi pengguna yang tidak mampu melakukan perawatan secara rutin. Akan tetapi bukan berarti kalian tidak harus merawatnya. Ketahui bahwa masa pakai Accu kering maksimal hanya setahun. Tapi perawatan yang baik mampu memperpanjang usia pemakian. Salah satunya dengan rutin melakukan pengecekan setiap 3 bulan sekali dan pastikan Accu dalam tegangan normal yakni sebesar 12 volt.

Cara Sederhana Merawat Aki Kering Mobil Agar Tahan Lama

Bagian lain yang sebaiknya juga tidak luput dari pengecekan rutin ialah tegangan baterai dan selalu menyetrom ketika tegangannya terbukti berkurang. Hal ini akan mampu memperpanjang usia pemakian Accu kering.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Sederhana Merawat Aki Kering Mobil Agar Tahan Lama semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Sederhana Merawat Aki Kering Mobil Agar Tahan Lama | Rojali | 4.5
Shares