Cara Sederhana Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet & Tahan Lama

Cara Sederhana Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet & Tahan Lama “Wajib Baca”

Cara Sederhana Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet & Tahan Lama – Dalam hal ini aki atau akumulator merupakan sebuah komponen pada sebuah kendaraan seperti di mobil yang dimana memiliki fungsi yakni untuk menyimpan energi listrik dengan bentuk energi kimia. Menyalanya lampu, klakson dan AC pada mobil merupakan bentuk-bentuk nyata dari hasil kinerja sebuah akumulator.

Untuk hal ini karena keberadaannya menunjang fungsi dari komponen lanjut sebuah kendaraan maka dalam perawatan yang tepat yaitu sebuah hal yang mutlak sangat diperlukan agar menjaga kinerja akumulator tetap baik dan menghindarkan dalam pengguna dari kemungkinan kerusakan yang merembet pada komponen lainnya.

Lalu apa saja untuk ciri-ciri aki yang mengalami penurunan kinerjanya?? dalam hal ini sangat mudah untuk dikenali, ketika kalian mendapati hasil bahwa pencahayaan lampu yang mulai tidak terang dan sulit untuk di starter bahkan kerap gagal, bisa jadi akumulator kalian bermasalah. Untuk solusinya dengan mengganti yang baru tentu saja kalau ganti baru akan memakan biaya yang relatif tinggi. Maka dari itu untuk membantu kalian akami akan memberikan tips dalam merawat aki khususnya aki basah agar tetap awet dan tahan lama supaya kinerjanya tetap maksimal.

Manfaat Aki Untuk Kendaraan

Adapun aki dalam sebuah kendaraan memiliki manfaat yang diantaranya yaitu:

  • Untuk alat penyedia arus listrik untuk starter mesin, penerangan, serta kelistrikan aksesoris mobil, seperti tape mobil, alarm, etc.
  • Menstabilkan tegangan kendaraan serta memback-up alternator jika tidak dapat penuhi keunggulan beban listrik yang dibutuhkan dikendaraan.
  • Dikendaraan keluaran teranyar, aki berperan untuk sumber arus listrik yang dibutuhkan oleh system jalannya operational computer “ECU” mobil, berarti bila suplai listrik dari aki terputus maka system di mobil tidak bisa berperan, pastikan kalian menghindari terjadi aki mobil tekor.

Perawatan Aki Mobil Basah

Dalam hal ini hindari kebiasaan langsung menyalakan AC maupun perangkat elektronik ketika sedang dalam proses memanaskan mesin mobil. Hal ini disebabkan akumulator yang belum dialiri listrik sepenuhnya. Biarkan proses pemanasan mesin tanpa menyalakan peralatan elektronik ini selama 5 hingga 10 menit.

Hal ini tujuannya tentu untuk memberikan supply pada semua sistem kelistrikan yang terpasang dalam mobil. Hal yang sama juga sebaiknya kalian lakukan pada saat hendak mematikan mesin mobil. Pastikan semua peralatan kelistrikan dalam keadaan mati sebelum akhirnya mematikan mesin.

Dengan rutin memeriksa level air pada akumulator konvensional supaya memastikan bahwa air tidak berada di bawah level minimum. Perhatikan juga bahwa pengisian air akumulator tidak diperbolehkan lebih dari batas atas. Tentu saja, pastikan kalian mengisinya dengan air accu murni.

Untuk kebersihan juga menjadi hal yang harus kalian perhatikan tidak terkecuali untuk perangkat akumulator. Pada saat kondisi kotor, arus listrik tidak mampu mengalir sempurna yang mengakibatkan aliran listrik ke perangkat yang membutuhkan jadi berkurang. Kotornya perangkat juga mampu menyebabkan kerusakan pada terminal accu.

Dengan memeriksa atau mengecek akumulator atau accu yang kekurangan daya nantinya bisa memengaruhi kinerja kelistrikan mobil secara keseluruhan. Cek kebocoran yang mungkin ada pada accu karena cairan accu sendiri mampu merusak bodi hingga komponen lainnya di dalam mobil mengingat sifat cairan accu itu sendiri cukup korosif.

Hal-Hal Tentang Keselamatan

Hal mengenai keselamatan yang perlu diketahui, tidak bisa menyalakan api dekat aki, seperti menyalakan korak, merokok serta lian sebagainya, lantaran aki memiliki kandungan hydrogen yang gampang meledak. Jauhkan dari jangkauan anak, lantaran komponen aki terbuat berbahan kimia yang beresiko. Pakai kacamata pelindung pada waktu menempatkan atau melakukan perbaikan aki lantaran air aki benar-benar beresiko.

Hati-hati dengan accu zuur lantaran bisa mengakibatkan kerusakan kulit serta membutakan mata. Bila accu zuur tentang mata kalian, bilaslah selekasnya dengan air bersih serta selekasnya pergi ke dokter. Bila accu zuur tentang kulit kalian, bilaslah sisi yang terkena accu zuur dengan saksama, bila kalian terasa sakit serta terbakar selekasnya minta pertolongan dokter.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Sederhana Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet & Tahan Lama semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Sederhana Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet & Tahan Lama | Rojali | 4.5
Shares