Cara Paling Mudah Mengganti Oli Gardan Mobil “Untuk Diketahui”

Posted on

Cara Paling Mudah Mengganti Oli Gardan Mobil “Untuk Diketahui”

Cara Paling Mudah Mengganti Oli Gardan Mobil “Untuk Diketahui”  – Dalam hal ini bagi para pengguna kendaraan khususnya pada mobil tentu sudah mengetahui apabila gardan ialah salah satu komponen yang sangat paling vital sekali, selain terdiri dari kumpulan roda gigi yang saling berhubungan guna menyalurkan tenaga dari kopel ke poros roda, tapi gardan juga memiliki oli pelumas untuk melumasi komponen gardan untuk mencegah komponen tersebut dari gardan aus dan juga rusak.

Apabila oli pada gardan sudah menjadi berkurang hal ini tentu saja akan menjadikan kinerja mobil terasa kurang enak. Untuk itulah kita perlu sekali dengan memperhatikan keadaan gardan beserata oli gardannya. Dengan lakukan penggantian oli gardan secara berkala hal ini untuk mencegah komponen mesin tersebut aus dan rusak. Untuk cara mengganti oli gardan ini terbilang cukup mudah dan juga simpel. Pastinya anda mejadi penasaran bukan..?? mari langsung saja kita intip bersamaa caranya.

Persiapan Alat Dan Bahan

Sebelum masuk ke tahapan dalam mengganti oli gardan, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan untuk mengganti oli gardan yang diantaranya yaitu:

  • Kunci shock dengan ukuran 24 mm.
  • Dan oli gardan yang berjenis 80W-90, jenis oli sesuaikan dengan jenis mobil yang dimiliki anda.

Cara Mengganti Oli Gardan

Nah dalam hal ini untuk mengganti oli gardan ada dapat melakukan sendiri yang diantaranya yaitu:

  • Lihat pada bagian bawah mobil, disitu akan ditemukan dua lubang yakni lubang pengisian dan lubang pembuangan oli gardan.
  • Kemudian buka dulu lubang pembuangan oli gardan untuk membuang oli bekas yang sudah tidak layak lagi pakai.
  • Selanjutnya pastikan bila semua oli bekas sudah terbuang semua kemudian tutup kembali baut pembuangannya.
  • Setelah itu buka baut lubang pengisian oli gardan dan tuang oli gardan baru, untuk memasukannya silahkan dengan gunakan corong atau alat apa saja.
  • Apabila gardan sudah tersisi oleh oli gardan yang baru, selanjutnya silahkan tutup kembali lubang pengisiannya.
  • Dan berikutnya silahkan cek apakah mobil anda sudah kembali bekerja normal.

Apabila ingin lebih hasilnya lebih optimal dalam mengganti oli gardan, anda dapat pergi ke bengkel langganan atau bengkel resmi.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Paling Mudah Mengganti Oli Gardan Mobil semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: