Cara Mudah Pengetesan Thermostat Pada Mesin Mobil

Posted on

Cara Mudah Pengetesan Thermostat Pada Mesin Mobil “Untuk Diketahui”

Cara Mudah Pengetesan Thermostat Pada Mesin Mobil – Untuk kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa informasi mengenai bagaimana cara pengetesan thermostat pada mesin mobil. Dalam hal ini sedikit kami berikan terlebih dahulu bagaimana fungsi thermostat tersebut. Apabila anda belum juga dapat mengetahui fungsi dari thermostat, mungkin kami dapat membantu anda untuk mengetahui apad itu fungsi dari thermostat.

Thermostat ini memiliki fungsi yakni untuk menahan air pendingin agar hanya bersirkulasi pada mesin apabila mesin masih memiliki beberapa suhu rendah dan membuka saluran dari mesin yang ke radiator supaya terjadi sirkulasi air pendingin dari mesin ke radiator dan dari radiator ke msin ketika mesin sudah mengalami suhu kerjanya.

Dan untuk temperaturs cairan pendingin tergantung dengan keadaan mesin, dalam hal ini seperti yang telah diketahui pada umumnya untuk efisiensi oprasi pada mesin yang tinggi, ialah apabila temperaturnya sudah mencapai antara 80 hingga 90 derajat celcius.

Thermostat merupakan semacam katup yang membuka dan menutup secara otomatis dengan menyesuaikan suhu mesin tersebut. Nah apabila temperature pendinginan masih rendah, maka katup thermistat ini masih tetap tertutup untuk mencegah air pendingin tidak masuk ke radiator, yang sehingga dengan ini diharapkan temperature kerja mesin pun akan cepat tercapai. Nah apabila temperature sudah tinggi maka pada katup thermostat ini akan membuka untuk mengalirkan air pendingin ke radiator untuk di dinginkan yang sehingga temperature pun masih dapat terjaga.

Pengetesan Thermostat

Lalu bagaimana cara untuk mengetes thermostat pada mesin mobil…??? apabila anda ingin mengetahuinya anda dapat melihat cara berikut ini.

Yang apabila thermostat sudah berhasil anda lepaskan dari housing atau dari rumah thermostat, setelah itu anda periksa kondisi karet pada thermostat, apabila terlihat kembung, alangkah baiknya anda mengganti thermostat.

Nah cara untuk mengetes thermostat yang masih tertutup yakni dengan menggunakan pemanas air yang menggunakan listrik, anda bisa mendapatkan atau membelinya di toko prabotan rumah tangga.

Cara-Cara Mengetes Thermostat

Cara Mudah Pengetesan Thermostat Pada Mesin Mobil

  • Hal yang pertama yakni anda masukkan thermostat ke dalam pemanas air, gantung dengan menggunakan benang.
  • Setelah itu panaskan air dan cek suhu dengan menggunakan thermometer.
  • Periksalah suhu pada saat thermostat terbuka untuk pertama kali dan pada saat thermostat terbuka sepenuhnya.
  • Dan kemudian ukurlah jarak ketika thermostat terbuka penuh.

Nah apabila pada thermostat sudah membuka pada saat temperature ruang atau thermostat sudah mulai terbuka pada saat ruang atau sekitar suhu sudah mencapai 30 derajat celcius maka gantilah thermostat. Dan untuk harganya sendiri biasanya thermostat mesin mobil ini dijual sekitar 300 ribu hingga 350 ribuan, misalnya yang dimiliki oleh mobil kijang inova.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Pengetesan Thermostat Pada Mesin Mobil semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: