Cara Mudah Instalasi Audio Mobil Yang Benar

Cara Mudah Instalasi Audio Mobil Yang Benar “Untuk Diketahui”

Cara Mudah Instalasi Audio Mobil Yang Benar – Dalam hal ini pada sebuah sistem audio mobil modern, perangkat utama yang berfungsi sebagai sumber sinyal audio didalam sistem umum disebut sebagai head unit atau tape mobil dan dipasang ditengah panel dasbor antara pengemudi dan penumpang. Head unit ini sendiri biasanya merupakan perangkat multifungsi yang menyertakan beberapa fungsi didalamnya.

Komponen yang paling umum ialah radio receiver/tuner dengan AM dan FM band dan amplifier skala kecil untuk memfasilitasi sinyak audio ke unit speaker. Komponen lain yang mungkin termasuk seperti perangkat media tape kaset, CD player, DVD player, HD Radio, Satellite Radio, USB flash memory dan bahkan hard disk portabel yang biasanya digunakan dalam sistem komputer. Banyak head unit juga memiliki komponen DSP dan fungsi equalizer seperti kontrol bass dan treble atau fitur kontrol pendukung lainnya seperti kamera sensor parkir, sistem navigasi dll.

Car stereo umumnya tidak begitu mengikuti trend teknologi audio saat ini. Deck kaset masih dapat ditemukan di dalam mobil hingga akhir tahun 2008 dan bahkan di tahun 2010 an pemutar CD masih merupakan bagian standar dari kebanyakan sistem stereo mobil, meskipun produk audio non-mobil seperti Walkman telah lama menghilang dari pasaran. Sejak tahun 2000 an sistem audio mobil mulai disesuaikan dengan kebutuhan konsumen untuk fitur MP3 player dan koneksi samrtphone dengan menambahkan sebuah jack USB dan modul Bluetooth Audio Streaming, namun data konsumen masih menunjukkan bahwa sejumlah besar pengguna masih setia mendengarkan CD.

Cara Merangkai Sistem Audio Mobil

Cara instalasi audio mobil yang benar bukanlah pekerjaan sulit, biarpun bagi pemula. Semua hal yang berkaitan dengan audio sound system mobil yang terpenting ialah mengerti sistem kelistrikan mobil. Sebelum head unit dipasanga pertama yang harus dilakukan ialah melepaskan frame dashboard kemudian untuk kontrol audio remote yang dipilih ialah kabel warna biru. Fungsi utama dari remote kabel audio mobil ini untuk mematikan amplifier saat head unit dimatikan. Dan beberapa hal dasar tersebut juga tidak jauh beda dengan cara instalasi audio video mobil.

Cara Memasang Ampli Mobil

Hal selanjutnya ialah menentukan dimana kalian akan meletakkan ampifier bisa dibawah kursi maupun dibagasi. Keuntungan cara instalasi audio mobil yang benar ini ialah bisa menghemat pemakaian kabel, ringkas dan praktis dalam pemasangannya. Sekarang sampai pada sistem kelistrikan audio mobil. Semoga tidak menjadi masalah besar buat kalian karena takut listrik. Sambungkan kabel plus dari accu menuju amplifier, Jika sudah sekarang silahkan hubungkan kabel ground body chasis serta baut dengan rigit.

Tapi jangan lupa untuk menbersihkannya terlebih dahulu dengan cara mengamplasnya agar chasis body mobil tersebut tidak mudah karatan. Selanjutnya sambungkan remote audio kabel head unitnya dengan power amplifier. Nah sampai disini untuk cara instalasi audi mobil yang benar sudah menyelesaikan pemasangan kabel pada sistem kelistrikannya.

Cara instalasi audio mobil yang benar yang selanjutnya ialah menghubungkan kabel RCA pre out audio ke amplifier dari head unit. Agar terhindar dari masalah storing audio mobil hindari mendekatkan kabel RCA dengan kabel positif sebab kabel rca terbilang rentan dengan induksi gelombang induksi. Tarik kabel rca tadi untuk diselipkan kedalam karpet mobil kalian.

Setiap head unit mobil biasanya disediakan jalur rca font dan rear yang perlu diketahui dari cara instalasi audio mobil yang benar ini, rear untuk subwoofer serta front untuk speaker depan. Jika semua sudah selesai silahkan kalian mengkoneksikan kabel remote head unit dengan amplifier. Dengan kabel remote ini otomatis amplifier akan off jika head unit dimatikan pada posisi OFF. Kabel remote amplifier standart head unit umumnya berwarna biru, tapi untuk beberapa merek hal tersebut bukan jaminan.

Pemasangan Speaker Mobil

Cara pemasangan sistem audio mobil yang selanjutnya ialah pemasangan speaker mobil terbaik yang kalian miliki apa pun itu merek speakernya. Dan jika kalian akan menggunakan speaker split pastikan sudah menyiapkan tempat untuk meletakan pasif crossover. Cara instalasi audio mobil yang benar untuk pasif crossover ini ialah dengan melataknya dibawah jok, hal ini sudah jelas akan lebih mempermudah pemasangan kabel speaker. Koneksikan kabel midrange ke crossover kabel tweeter dan kabel inputkan dengan ampli mobil. Agar terkesan rapi silahkan simpan semua kabel tersebut dibawah karpet.

Sebelum pada tahap cara memasang head unit, langkah instalasi audio mobil selanjutnya ialah mengkoneksikan kabel speaker dengan ampli mobil di jalur terminal front amplifier mobil. Bagi kalian yang menggunakan subwoofer mobil, silahkan tarik kabelnya untuk dihubungkan dengan amplifier melalui terminal rear amplifier yang tersedia. Bagi yang menggunakan aktive slim subwoofer bisa melatakkannya dikolong jok sopir, sedang bagi yang menggunakan subwoofer komponen, letakan box subwoofer mobil di bagasi.

Cara Mudah Instalasi Audio Mobil Yang Benar

Pasang Head Unit Di Mobil

Langkah terakhir ialah cara pemasangan head unit, tapi sebelum head unit dipasang, lepaskan terlebih dahulu frame dashboard. Jika sudah sekarang ialah menghubungkan kabel font speaker dengan crosover. Jika tadi kabel warna [utih, sekarang kabel kuning hubungkan dengan accu dan kabel merah untuk Ac. Sedangkan untuk warna kabel biru untuk remote ampli dan yang hitam ialah kutup negatif. Dan untuk mengkoneksikannya ke amplifier, silahkan jalankan kabel rca front dan rear pada head unit mobil tersebut. Untuk cara instalasi audio mobil yang benar ini sudah selesai, tapi sebelum head unit mobil tersebut di pasang sebaiknya rapikan dulu semua kebelnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Instalasi Audio Mobil Yang Benar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Mudah Instalasi Audio Mobil Yang Benar | Rojali | 4.5
Shares