[Tips Jitu] Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet “Untuk Perlu Anda Ketahui”

[Tips Jitu] Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet “Untuk Perlu Anda Ketahui”

[Tips Jitu] Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet “Untuk Perlu Anda Ketahui” – Ban bagi suatu kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor merupakan salah satu komponen yang dianggap sangat penting, keamanan dan kenyamanan berkendara juga sangat ditentukan oleh kondisi ban tersebut. Menurut hasil catata dari Depertemen Keselamatan Lalu Lintas Jala Raya Nasional Amerika Serikat, dari kebanyakan kasus kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh ban dengan tekanan angin yang tidak sesuai standar keselamatan.

Dengan hal demikian, dapat kita simpulkan apabila ban merupakan bagian dari kendaraan yang memang perlu adanya perhatian serta perawatan yang baik dan benar. Nah itu, kami akan mengurai mencoba untuk berbagi sedikit tips bagaiman cara dalam merawat ban mobil agar awet, simak saja ulasannnya dibawah ini.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu dilalukan pada ban mobil anda agar tetap awet, dan berkendara tetap aman dan nyaman simak uraian berikut ini.

  • Hal yang pertama selalu periksa tekanan angin ban mobil anda, terlebih lagi jika anda memiliki rencana berpergian jauh. Jika tekanan yang ban tidak sesuai standar berpotensi akan dapat merusak ban dengan mudah. Tidak cuma itu saja, tekanan ban yang kurang akan dapat menyebabkan bahan bakar juga akan cepat habis karena mesin akan bekerja ekstra.
  • Selanjutnya pilih ban yang telah mengantongi sertifikasi dan sesuai dengan standar kendaraan anda, sesuaikan juga ukuran ataupun indeks dari ban kendaraan tersebut.
  • Kemudian lakukan pemeriksaan dan perawat balacing secara rutin, hal ini dilakukan semata-mata untuk dapat mengurangi atau mencegah keausan ban yang cepat dan tidak merata.
  • Lakukan tukar atau rotasi ban dalam setiap 8000 km sekali, hal ini dilakukan untuk mencegah aus pada ban secara tidak merata. Bukan itu saja, cara demikian ini sangat berguna untuk dapat memperpanjang waktu pergantian ban mobil anda tersebut.
  • Apabila ban mobil anda sudah mencapai batas Thread Wear indicator atau indikasi penggunaan ban maka segeralah lakukan pergantian ban hal ini guna untuk mencegah resiko kecelakaan yang tidak diinginkan karena ban yang sudah tidak layak pakai lagi.
  • Ketika berkendara selalu hindari lubang yang besar, hal ini karena apabila menghantam lubang besar maka tidak cuma akan dapat merusak ban namun juga dapat mengganggu keseimbangan ban mobil anda tersebut.
  • Gunakanlah tutup pentil pada semua ban mobil anda, karena ban tanpa ada tutup pentil akan berpotensi kehilangan tekanan angin pada ban karena dapat terjadinya kebocoran di dalam ban itu sendiri.
  • Dalam gaya mengemudi juga sangat mempengaruhi kondisi ban mobil anda, cara atau perilaku mengemudi yang sembarangan dan tidak baik akan cepat merusak ban pada kendaraan anda.
  • Pada velg ban juga harus dalam kondisi baik dan layak pakai, yang dimana penggunaan velg ban yang kurang normal atau cacat memungkinkan ban akan cepat menjadi rusak.
  • Dan selalu perhatikan kapasitas muatan kendaraan anda, muatan yang terlelu berlebuhan akan memaksa tekanan angin pada ban serta akan dapat membuat ban bergesekan secara berlebihan dengan aspal, yang sehingga dapat membuat ban tersebut menjadi panas dan cepat aus.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet “Untuk Perlu Anda Ketahui” | Rojali | 4.5
Shares