Cara Menyetel Platina Mobil “Mudah – Cepat – Benar”

Cara Menyetel Platina Mobil “Mudah – Cepat – Benar”

Cara Menyetel Platina Mobil “Mudah – Cepat – Benar” – Pada saat ini sudah banyak kendaraan seperti mobil yang sudah memperbaharui pada system pengapiannya menjadi system EVI, akan tetapi dalam hal ini masih banyak pula kendaraan mobil yang masih menggunakan system pengapian bernama Platina.

Hal tersebut dikarenakan perawatan, pada system pengapian yang masih menggunakan platina sangat mudah dan irit biaya. Yang biasanya system tersebut digunakan pada kendaraan mobil-mobil lama yang masih menggunakan platina. Namun bila mobil-mobil untuk sekarang sudah rata-rata kebanyakan sudah menggunakan pengapian system CDI atau dalam bahasa mekaniknya yakni Capacitive Discharge Ignition.

Nah bagi anda yang memiliki mobil dan masih menggunakan pengapian platina, untuk kali ini kami akan memberikan tips dan trik bagaimana cara menyetel platina yang baik dan benar.

Cara Menyetel Platina Mobil

Hal yang pertama perlu anda lakukan sebelum menyetel platina, anda harus menyiapkan peralatan seperti di bawah ini.

Alat Yang Akan Digunakan

Adapun alat yang akan digunakan dalam menyetel platina yaitu:

  • Siapkan kunci ring 19
  • Siapkan obeng + dan –
  • Selanjutnya anda siapkan juga alat Fuller yang berfungsi untuk mengukur celah platina.

Inilah Cara Penyetelan Platina

Adapun cara penyetelan platina yang perlu diperhatikan yang diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama yakni anda harus buka tutup distributor terlebih dahulu.
  • Setelah itu anda putar pully poros engkol atau yang disebut dengan crank shaft searah jarum jam hingga titik pully mengarah ke angka 0 “nol” drajat atau dalam istilahnya Top 1.
  • Selanjutnya anda harus kendorkan baut pengikat platina, dalam hal tersebut anda harus di udahakan jangan terlalu longgar saat akan memutar baut yang mengikat platina kurang lebih satu putaran saja.
  • Untuk ukuran celah platina standar yakni 0,45 mm, di karenakan pada ukuran fuller tidak ada ukuran 0,45 mm, maka anda boleh menggunakan ukuran fuller dengan ukuran celah 0,40 mm, akan tetapi jangan terlalu rapat dan sedikit longgar supaya mengikuti celah ukuran 0,45 mm.
  • Nah setelah anda masukkan fuller ke dalam celah platina, lalu anda langsung stel platina dengan menggunakan obeng min (-), caranya yakni geser platina dengan perlahan dengan menggunakan obeng min tersebut dengan menekan coak atau tonjolan yang berada di dekat platina tersebut. Setiap jenis kendaraan mobil memiliki coakan atau tonjolan yang berbeda.
  • Setelah selesai melakukan penyetelan, lalu ceklah celah platina dan apabila sudah pas dengan ukuran tersebut maka langsung saja anda kencangkan dengan menggunakan baut kembali dengan menggunakan obeng plus.
  • Setelah semuanya selesai, pasang kembali tutup distributor atau yang bisa disebut juga dengan delco.

Cukup mudah bukan,,,, cara untuk menyetel celah platina, dengan cara tersebut anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel dan irit pengeluaran kantong anda atau biaya anda.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menyetel Platina Mobil “Mudah – Cepat – Benar” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Menyetel Platina Mobil “Mudah – Cepat – Benar” | Rojali | 4.5
Shares