Blind Spot Monitor !! Inilah Kelebihan & Kekurangannya

Blind Spot Monitor !! Inilah Kelebihan & Kekurangannya “Untuk Diketahui”

Blind Spot Monitor !! Inilah Kelebihan & Kekurangannya – Untuk hal ini dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah mendengar istilah dengan Blind Spot. Yang dalam pengertian secara umum istilah Blind Spot ini ialah Blind Spot Monitor, sesuatu dimana kita bisa mengetahui keberadaan sesuatu di sekitar kita. Blind Spot selain dimiliki oleh manusia, hewan dan lainnya ternyata juga dimiliki oleh sebuah kendaraan. Dimana kita tidak bisa melihat ke sekitar kita saat mengendarai kendaraan, baik motor atau mobil.

karena adanya titik buta inilah yang kemudian membuat pengedara sangat beresiko sekali mengalami kecelakaan. Sehingga sangat diperlukan kewaspadaan kita dalam berkendara, baik memakai sepeda motor maupun mobil dan pada mobil biasanya disebut dengan Blind Spot Monitor.

Nah dibawah ini merupakan beberapa tips jitu untuk mengatasi Blind Spot yaitu:

  • Pertama
    Saat berkendara jangan berada disamping mobil, truk atau bus karena kemungkinan besar si pengendara mobil, truk atau bus tidak melihat keberadaan kalian disampingnya.
  • Kedua
    Saat mendahului mobil, truk atau bus, bunyikan klakson dan dim-kan lampu utama. Agar pengemudi mobil, truk atau bus mengetahui kalian berada di dekatnya.
  • Ketiga
    Selalu asumsikan bahwa pengemudi mobil, truk atau bus tidak mengetahui keberadaan kalian.
  • Keempat
    Kalian bisa menggunakan Blind Spot mirror atau Blind Spot Monitor untuk meminimalisir adanya Blind Spot Area.

Fitur Dari Blind Spot Monitor

Blind spot monitor yang berfungsi untuk membantu pengemudi dalam melihat area yang tidak terjangkau pandangan. Blind Spot sangat penting untuk dimiliki di kendaraan seperti mobil. Blind Spot Monitor ini memiliki kemampuan untuk memberitahu pengemudi lewat suara dan indikator berlogo mobil pada ujung kaca spion saat ada objek atau kendaraan lain yang sedang mendekat dari sisi kanan atau kiri mobil kalian saat sedang berjalan.

Untuk beberapa kendaraan, sudah dilengkapi fitur Blind Spot Monitor. Contohnya pada mobil kelas premium seperti Mazda 6, Toyota Camry dan Mercedes-Benz. Tapi untuk kalian yang memiliki mobil standart, sebenarnya secara teknis harusnya mobil standart juga bisa dilengkapi fitur canggih ini.

Tapi yang jadi sulit ialah soal bagaimana memindahkan sistem Blind Spot Monitor ini ke mobil lain. Yang perlu dilakukan ialah memindahkan sensor, logic yang ada di ECU dan aktuator di Spion. Karena belum tentu bisa pas dnegan model mobil lain, hal ini jadi sulit. Karena meskipun mobil itu satu model seperti Toyota Camry Hybrid dan Camry Standar, tapi sistem ECu sudah berbeda.

Sehingga perbedaan rumah dudukan dan sistem kelistrikan ini yang menyulitkan pemasangan Blind Spot. Dan untuk masalah harga, Blind Spot Monitor ini tidak tergolong mahal karena beberapa produk berkelas dipasaran tidak sampai puluhan juta harganya. Untuk mamasang teknologi Blind Spot ini, kalian bisa mengunjungi tempat servis variasi atau bengkel mobil yang memiliki pengalaman dan skill untuk memasang alat ini karena tidak semua bengkel mobil bisa melakukannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Blind Spot Monitor

Adapun untuk kelebihan dan kekurangan Blind Spot Monitor yang diantaranya yaitu:

Blind Spot Monitor !! Inilah Kelebihan & Kekurangannya

Kelebihan Blind Spot

Dari segi kelebihannya jelas teknologi Blind Spot ini sangat membantu pengendara. Karena dengan keberadaan Blind Spot ini pengendara jadi merasa lebih aman dan nyaman dalam berkendara dan tentunya sangat mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

Kelemahan Blind Spot

Dari sebuah penelitian di Amerika Serikat ditemukan kelemahan dari Blind Spot monitor ini, dari sisi pemantauan area Blind Spot Monitor hingga sistem lane-departure warning dari penelitian itu ditemukan beberapa hal yang bisa membuat sistem gagal bekerja dengan baik.

Cara kerja sistem Blind Spot ini bergantung pada radar jarak pendek. Sistem ini memiliki kelemahan karena sulit untuk mendeteksi kendaraan yang bergerak cepat. Jika pengendara terlalu bergantung pada teknologi ini bisa mengakibatkan kecelakaan sehingga pengendara sebenarnya harus tetap memantau kaca spion meski sudah ada Blind Spot Monitor. Teknologi Blind Spot ternyata juga kurang sensitif terhadap sepeda motor karena saat ada motor yang mendekat, peringatan yang muncul dinilai lambat.

Demikianlah pembahasan mengenai Blind Spot Monitor !! Inilah Kelebihan & Kekurangannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Blind Spot Monitor !! Inilah Kelebihan & Kekurangannya | Rojali | 4.5
Shares