7 Cara Termudah Menghemat BBM Mobil Matic

7 Cara Termudah Menghemat BBM Mobil Matic “Wajib Diketahui”

7 Cara Termudah Menghemat BBM Mobil Matic – Dalam hal ini mobil matic memang memiliki transmisi automatis yang mana sangat mempermudah kita untuk dapat melakukan teknik transmisi. Jika kalian mau menghematkan penggunaan BBM mobil matic kalian maka di ulasan kali ini kami juga ingin berbagi informasi terbaik mengenai bagaimana cara menghemat mobil matic yang mana dapat membuat kalian lebih hemat. Untuk menghemat mobil matic memang terbilang cukup mudah, karena kita tidak perlu menggunakan alat yang membuat kita kerepotan. Nah untuk informasi terkait cara menghemat BBM mobil matic, silahkan kalian simak informasi selengkapnya yang ada dibawah ini.

Cara Menghemat BBM Mobil Matic

Adapun cara menghemat BBM Mobil matic diantaranya yaitu:

Tekan Pedal Gas Perlahan

Hal yang pertama yang harus kalian lakukan ialah kalian silahkan menekan pedal gas secara perlahan-lahan serta tidak terlalu dalam, pada saat pertama kali kendaraan melaju. Hal ini disebabkan hanya dengan memasukan tuas D saja, mobil matic kalian sudah dapat meluncur secara otomatis tanpa harus menginjak gas. Dalam proses terbilang cara simpel yang bisa kalian lakukan untuk menghemat BBM.

Dengan Perhatikan Posisi RPM

Selanjutnya yang harus kalian lakukan ialah dengan cara memperhatikan posisi RPM nya, silahkan kalian pastikan pada saat kalian mengoperasikan mobil posisi RPM berada pada kisaran 2.500 hingga 3.000 RPM agar tenaga yang akan dihasilkan juga tidak terlalu besar. Nah jika kaliam mau membuat irit dalam penggunaan BBM maka perhatikan keadaan dari RPM yang ada.

Kecepatan Yang Konstan

Berikutnya yang harus kalian lakukan ialah saat pengoprasian mobil harus dengan kecepatan yang konstan serta kalian harus menghindari pengereman mendadak. Hal ini dikarenakan semakin sering kalian menginjak pedal rem maka akan semakin sering pula kalian menginjak pedal gasnya. Cara diatas juga mampu membuat kompres penggunaan bahan bakar mesin jadi lebih awet.

Perhatikan Jarak Aman

Silahkan kalian selalu memperhatikan jarak yang aman dengan kendaraan yang telah berada di depan kalian juga sangatlah penting. Hal ini dikarenakan bukan saja akan mengakibatkan tabrakan jika mengerem mendadak juga berpengaruh terhadap jumlah konsumsi bahan bakar yang terbuang alias boros. Nah cara tersebut bisa kalian lakukan supaya konsumsi BBM jadi lebih irit.

Saat Terjebak Kemacetan

Bila kalian terjebak dalam kemacetan, silahkan kalian menempatkan tuas transmisi pada posisi 2/S, hal ini berarti kendaraan sedang melaju didalam kecepatan gigi 1-2 pada transmisi manual. Dimana pada posisi ini terdapat engine break yang bisa berfungsi melakukan pengereman mesin. Hal ini bisa kalian lakukan untuk membuat penggunaan BBM hemat.

Kurangi Penggunaan AC

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk dapat menghemat bahan bakar ialah masalah penggunaan pendingin udara. Upaya untuk tidak menggunakan pendinginan dalam temperatur maksimal dan cukup diatur dalam posisi setengah saja. Perlu kalian ketahui bahwa dalam penggunaan pendingin udara yang besar membutuhkan asupan tenaga yang besar juga sehingga penggunaan bahan bakar jadi lebih banyak.

Menjaga Kesehatan Transmisi

Hal yang perlu diperhatikan juga pada transmisi mobil matic kamu, gantilah oli transmisi matic secara berkala dan pakailah oli transmisi yang bagus. Karena bila sistem transmisinya bekerja kurang baik maka mobil kalian akan terasa berat dan ngeden saat berjalan ini akan membuat mobil matic kalian menjadi boros bahan bakar minyak.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Cara Termudah Menghemat BBM Mobil Matic semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

7 Cara Termudah Menghemat BBM Mobil Matic | Rojali | 4.5
Shares